Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Gubernur Ridho Hibahkan 3 Ha Tanah untuk Hindu Center di Kotabaru Lampung

0
×

Gubernur Ridho Hibahkan 3 Ha Tanah untuk Hindu Center di Kotabaru Lampung

Share this article

Gubernur M.Ridho Ficardo hibah tanah sebagai lokasi Hindu Center

BANDAR LAMPUNG–Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menghibahkan 3 hektre tanah untuk umat Hindu di Kotabaru, Jati Agung, Lampung Selatan. Di atas tanah tersebut, rencananya berdiri Hindu Center Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung.

Surat hibah yang tertuang dalam SK Gubernur Nomor G/426/N.07/HK/2017 tersebut disampaikan Gubernur Ridho kepada Ketua PHDI Lampung Ketut Pasek upacara Pujawali perayaan Hari Suci Kuningan di Pura Khayangan Jagad Kerti Bhuana, Way Lunik, Bandar Lampung, Sabtu (11/11/2017) pagi. Gubernur berharap tanah tersebut dapat bermanfaat bagi PHDI dalam membina umat Hindu di Lampung.
“Kita sama-sama warga Lampung, sama-sama memiliki kepentingan untuk memajukan dan menyejahterakan Provinsi Lampung. Dua tahun berturut-turut kita mendapatkan penghargaan penanganan konflik sosial terbaik se-Indonesia. Itu tidak mungkin kita peroleh kalau tidak ada kesadaran kita bersama,” Gubernur Ridho di hadapan ribuan umat Hindu se-Lampung.
Raihan penanganan konflik terbaik tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri, kata Gubernur, juga berpengaruh terhadap kenaikan daya saing Provinsi Lampung dari posisi 25 menjadi 14 nasional. Demikian halnya dengan Anugerah Pandu Negeri 2017 yang baru saja diraih semata-mata bukan hanya hasil kerja Gubernur dan Pemprov saja. 
“Tapi ini hasil kerja keras seluruh masyarakat Lampung. Salah satunya adalah peran umat Hindu sebagai bagian dari keluarga besar Lampung yang ikut bahu membahu membangun di berbagai sektor,” kata Gubernur Ridho.
Hibah tanah tersebut menurut Ketut Pasek akan dijadikan pusat pembinaan umat Hindu dalam mendukung pembangunan Provinsi Lampung dalam bentuk Hindu Center, meningkat populasi umat Hindu terbesar Indonesia di luar Bali berada di Lampung. Kehadiran Hindu Center di Lampung, kata Pasek, merupakan bukti Lampung guyub dalam kehidupan beragama.
“Atas nama umat Hindu saya berterimakasih atas bantuan dan perhatian Pak Gubernur kepada umat Hindu. Terutama atas upaya menjaga seluruh umat di Provinsi Lampung agar semakin guyub tidak ada konflik berlatarbelakang suku bangsa dan agama,” kata Ketut Pasek yang juga pemilik PO Bus Puspa Group tersebut.
Rangkaian perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, kata Ketut Pasek, belangsung setiap tujuh bulan nasional atau enam bulan Bali. “Perayaan ini untuk membangkitkan sifat positif dalam diri. Kemudian, kemenangan sifat positif terhadap sifat negatif atau kemenangan dharma atas dharma yang akan diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Umat Hindu amat mementingkan hidup damai bersama masyarakat Lampung lainnya,” kata Ketut Pasek.
Kehadiran Gubernur Ridho pada acara umat Hindu, mendapat apresiasi dari Jaro Gede Made Sukrana (46)   umat yang datang dari Sidorejo, Sekampung Udik, Lampung Timur. “Harapannya, kegiatan ini dapat berkelanjutan dan sebagai ajang silaturahmi bagi umat beragama. Saya berdoa apa yang menjadi tujuan Bapak Gubernur khususnya untuk Provinsi Lampung dapat tercapai,” kata Jaro. (Rls/Jef)