Akreditasi Sekolah Dinilai Memberatkan Dalam Pendaftaran SNMPTN

209

radartvnews.com – Universitas Lampung menggelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri tahun 2016 bersama ketua MKKS SMA SMK dan KKM Ma se-Lampung. Dalam sosialisasi ini beberapa perwakilan MKKS mengeluhkan adanya kebijakan baru dalam penerimaan mahasiswa baru dengan jalur SNMPTN yang menjadikan akreditasi sekolah sebagai acuan penilaian jumlah kuota siswa. Hal ini disampaikan humas penerimaan mahasiswa baru Unila Muhammad Komarudin.

Kuota siswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN ini akan dibagi berdasarkan nilai akreditasi sekolah. Untuk sekolah yang memiliki akreditasi A siswa yang akan diterima mencapai 75 persen, akreditasi B sebanyak 50 persen dan akreditasi C sebanyak 10 persen dari jumlah siswa terbaik disekolah tersebut. Sementara  untuk sekolah-sekolah yang belum terakreditasi atau dibawah akreditasi C tak perlu khawatir karena bisa mendapatkan kuota 10 persen.

Komar menambahkan pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) serta verifikasi sudah dimulai pada 18 januari hingga 20 februari mendatang. Kemudian pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 29 februari hingga 12 maret. Untuk pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN dimulai dari 22 maret sampai 21 april. Selanjutnya proses seleksi mulai 24 maret hingga 8 mei   pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada tanggal 10 mei mendatang. (lz\ay\rltv)