Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) Gelar Rakernas

150 views
image
Pelaksanaan Rakernas Asosiasi Laundry Indonesia di Jakarta

Jakarta,radartvnews-Asosiasi  Laundry Indonesia (ASLI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarakan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan pada tanggal 1 – 3 Maret 2016. Rapat yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPP dan 15 utusan DPD ASLI mengagendakan pembahasan mengenai program organisasi, pemantapan kepengurusan serta membahas isu-isu yang berkembang seputar organisasi dan industri laundry di Indonesia.

Menurut Ketua Umum ASLI, Apik Primadya, rapat ini merupakan salah satu agenda organisasi dalam memperkuat jajaran pengurus baik di tingkat pusat maupun daerah. “Ini adalah rapat kerja yang diselenggarakan pertama kali sejak digelar Munas Desember lalu,” kata Apik Primadya.

Apik menambahkan, sejak ASLI diresmikan dan menggelar Munas pertama kali, banyak hal yang harus dibahas dan dirapatkan dalam sebuah rapat setingkat nasional. Harapannya, kata Apik, dapat mempercepat program-program yang selama ini telah dirancang oleh pengurus sehingga manfaatnya akan cepat dirasakan oleh seluruh anggota.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ASLI, Khaidir Khalik menambahkan, organisasi yang menaungi para pengusaha laundry tersebut juga sedang menjalin hubungan strategis dengan berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah.

“Dengan rapat kerja ini kami akan lebih mudah mengkoordinasikan program-program tersebut lebih intens,” kata Khaidir.

Menurut pengusaha laundry asal Makassar ini, pihaknya sedang menjalin kerjasama strategis dengan LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) Kementerian Koperasi dan UMKM.
“Kami didorong untuk segera membentuk koperasi agar asosiasi ini memiliki lembaga yang dapat menyalurkan bantuan dalam bentuk pinjaman yang akan diberikan oleh LPDB,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Khaidir, program-program lain seperti seminar, pelatihan dan pameran juga menjadi isu yang dibahas dalam rapat tersebut. “Kegiatan-kegiatan tersebut akan kami gelar dalam waktu dekat, salah satunya bersamaan dengan Expo Laundry yang akan diselenggarakan tanggal 7 – 9 April mendatang,” ujar Khaidir.

Bukan hanya itu, ASLI juga sedang dalam proses bergabung dengan CINET. CINET adalah  sebuah organisasi non profit yang menaungi asosiasi, maupun perusahaan yang bergerak di bidang laundry dii seluruh dunia.

image

Organisasi yang berbasis di Belanda tersebut memiliki beberapa program yang yang bertujuan meningkatkan kompetensi para pengusaha laundry yang tergabung sebagai anggotanya. (Tim/Jef)