Butuh Konversi Kompor, Kota Surati PGN

Usai Pemkot, Kini Pemprov Desak PGN

radartvnews.com– Empat bulan sudah, gas yang diklaim murah bisa di nikmati kalangan masyarakat menengah kebawah meskipun jaringan instalasi sudah rampung akhir tahun 2017 lalu.

Atas dasar ini Plt Wali Kota Bandar Lampung M. Yusuf Kohar meminta PT. PGN area Lampung bisa merealisasikannya agar masyarakat kota bisa menikmati gas bumi.

Terkendalanya launching gas rumah tangga ini juga dipicu satu tahapan yang belum kelar, yakni konversi kompor yang butuh proses dan waktu tambahan.

“program itu sudah masuk ke jaringan tinggal buat instalasi di labuhan maringgai, kita maunya cepat dan kita akan kordinasi,” ujar Kohar.

Sementara sumber radar lampung tv yang meminta namanya tidak dipublikasikan mengatakan jaringan gas rumah tangga sebenarnya bukan terbengkalai.

Sebab sudah sudah ada 4 dari 16 sektor yang sudah menggunakan gas bumi  untuk kebutuhan memasak. Belum lama ini  pemilik jargas telah menyaksikan pengaliran gas ke rumah warga.

Sumber ini juga menambahkan, PGN bukan tak mau terbuka, tapi semua belum diserahkan kepada PGN selaku pengelola jargas. Menurutnya proyek ini adalah proyek negara yang seluruh hal strategis terkait pelaksanaan harus seizin negara melalui Kementerian ESDM.

Masih menurut sumber radar lampung tv, untuk  pengaliran jargas ini tidak menutup kemungkinan masih akan membutuhkan waktu. Sebab proses konversi kompor yang semula menggunakan elpiji harus disesuaikan untuk gas bumi.  Konversi untuk 10 ribu pelanggan ini saat ini masih berjalan.(sah/san)