Disoal, Cenderamata Beraroma Pungli

Disoal, Cenderamata Beraroma Pungli

radartvnews.com- Penarikan dana sumbangan untuk perpisahan guru purna bakti serta guru pindah tugas menuai protes siswa SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Masing masing siswa dimintai sumbangan sebesar Rp 22500 dengan rincian Rp5.000 untuk guru pensiun dan Rp2500 untuk guru yang akan pindah tugas, uang sumbangan akan diberikan kepada empat guru pensiun dan pindah tugas.

Salah satu siswa yang enggan disebutkan namanya, menjelaskan dirinya bersama rekanya keberatan atas penarikan dana tersebut.” Uang jajan kami nggak sampe segitu, berat mau sumbangan,” ujar siswi berjilbab itu.

Made Suyasmin Kepala Sekolah SMPN 12 Bandar Lampung menjelaskan, pihak sekolah membenarkan tarikan dana sumbangan namun hal itu sudah dikoordinasikan kepada orang tua murid dan menyetujui keputusan tersebut. Dana sumbangan digunakan untuk membeli cendera mata sebagai bentuk balas jasa.

“jika kalian menyumbang dengan kebutuhan yang akan kita berikan ke guru pensiun, dari total uang jadi siswa kebagian Rp22500,” tapi kami nggak mengharuskan ujar Made.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Daniel Marsudi mengatakan tidak adanya peraturan yang menganjurkan siswa untuk melakukan dana sumbangan terkait untuk guru pensiun dan guru pindah tugas.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial sebagai tanda jasa kepada guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung akan memberikan pendampingan kepada sekolah yang bersangkutan.(lat/san)