Gubernur Lampung Beri Kuliah Umum Di Hadapan Ratusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri

388 views
Gubernur Lampung Beri Kuliah Umum Di Hadapan Ratusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri

radartvnews.com – Gubernur Lampung Beri Kuliah Umum Di Hadapan Ratusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Senin (2/5) di Balai Rudini Kampus IPDN Jatinangor. Stadium General tersebut dihadiri  Pembantu Rektor III IPDN DR. Hyronimus Rowa., M.Si.

Dijelaskan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, Gubernur Lampung mengisi Kuliah Umum/dengan Tema ” Inovasi Pelayanan Publik Dalam Tata Kelola Pemerintah Daerah). Disampaikan, Pada tahun 2016 Pemerintah Provinsi Lampung, telah menggagas model pengentasan kemiskinan di Provinsi Lampung telah menggagas model pengentasan kemiskinan melalui program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) Saburai yang dilaksanakan di 100 Desa tersebar di seluruh Kabupaten. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun 2015 lalu. Gubernur Lampung Beri Kuliah Umum Di Hadapan Ratusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Dipaparkan, program dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung bersama seluruh Kabupaten Se-Provinsi Lampung. “Tidak sebatas memberikan dana transfer, program tersebut juga didukung dengan pelaksanaan program / kegiatan oleh beberapa SKPD Provinsi Lampung. Lokasinya diarahkan pada desa tertinggal sasaran Program Gerbang Desa,” ujar Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur memaparkan berbagai Inovasi Program Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Pertama, Di bidang pendidikan yaitu berupa Program Lampung Mengajar dan Pengembangan Sekolah Unggulan Di Kabupaten/Kota .

” Di bidang Pertanian, Pemprov Lampung melaksanakan inovasi berupa Pembagian Bibit Padi Dimasa Rendeng dan Pemanfaatan Jarwo Transplatasi. Tujuannya mendukung upaya khusus peningkatan produksi padi di Provinsi Lampung yang mendapat target peningkatan produksi padi pada tahun 2015, sebesar 1 Juta Ton GKG ” ujar Gubernur.

Di bidang kesehatan, dilaksanakan Program Mobile Clinic (Rumah Sakit Keliling). Tujuannya adalah untuk mengatasi kegawatdaruratan, dan akibat bencana, kasus rujukan dan mendekatkan akses terutama di daerah otonomi baru.

“Selain itu inovasi berupa pengelolaan pendapatan daerah. Yaitu berupa Unit Pelayanan Cepat Drive Thru, Samsat Keliling (Bus  & Mobil ), Samsat Mall,Samsat Kontainer dan Samsat Ladies,” jelas Gubernur.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, para Praja menyimak dengan seksama dan antusias mendengarkan paparan Gubernur Lampung. Saat dipersilahkan untuk bertanya dan saran kepada perwakilan praja, langsung serentak para praja mengangkat tangan tak sabar ingin dialog dengan Gubernur Muda Se Indonesia ini.

Di akhir Stadium General Gubernur berpesan beberapa hal kepada Praja IPDN. “Tingkatkan Semangat dan Jiwa Kepemimpinan (Leadership), Mantapkan Kapasitas Kepamongprajaan, Jaga Kekompakan dan Semangat Jiwa Korsa,Terus Berprestasi dan Selalu Berikan Yang Terbaik,” ungkap Kabag Humas. (Rls/min)