Gubernur Meminta Menghidupkan KUD Kembali

300 views

Gubernur Lampung Ridho Ficardo meminta agar insan koperasi ikut berperan dalam memajukan Desa dengan menghidupkan Koperasi Unit Desa (KUD).

Ridho beranggapan, dengan masuknya program dana desa, Koperasi harus lebih aktif menyerap dana-dana tersebut sehingga koperasi bisa memberi efek pelipat ganda dari program pemerintah pusat tersebut.

“Aktifkan koperasi di pedesaan pastikan dana desa bisa terserap. Sehingga manfaat dari program dana desa bisa lebih terasa. Saya juga akan perintahkan Dinas Koperasi membantu sepenuhnya,” kata Ridho pada pelantikan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Lampung di Balai Keratun Pemprov Lampung (12/4).

Ia melanjutkan Dekopin Lampung harus memperbarui data yang mereka miliki bekerjasama dengan Dinas Koperasi, sehingga bisa diketahui jumlah Koperasi yang ada di Lampung, mulai Koperasi yang aktif hingga Koperasi yang mati suri. Dan bisa ambil langkah daerah mana saja yang perlu dihidupkan kembali koperasinya.

Ridho juga mengajak pengurus Dekopin bisa ikut mensukseskan misi kesejahteraan di Lampung. Yakni dengan aktifnya Koperasi pemerataan dan disparitas di daerah-daerah bisa teratasi.

“Berbicara kesejahteraan adalah tentang pertumbuhan dan pemerataan. Untuk koperasi yang utama adalah pemerataaan, setelah serapan merata maka akan ada pertumbuhan. Koperasi bisa membantu pemerintah di Daerah,” ujar Ridho.

Sebelumnya, segenap Pengurus Dekopin Wilayah Lampung dan Daerah Kab/Kota masa bhkati 2016-2020 dilantik langsung oleh ketua Dekopin pusat Nurdin Halid di Balai Keratun lantai III, hadir pula perwakilan Komisi VI Dwie Arum.

Ketua Dekopin Pusat Nurdin Halid menyampaikan pula beberapa arahannya usai melantik Dekopin Wilayah Lampung. Dikatakannya Koperasi harus mengedepankan kegotong royongan.

“Selain sebagai organisasi usaha, koperasi juga sebagai alat revolusi. Revolusi dalam menangkal liberalisme dan kapitalisme yang akan membawa keindividualismean,” kata Nurdin.

Oleh karena itu Nurdin tekankan semangat gotong royong yang telah ditanamkan para pendiri bangsa harus tertanam pula pada semangat Koperasi, seiring dengan semangat Koperasi Sebagai Pilar Negara. (rls/adi)