Hanya 17 Persen Sekolah Menengah di Lampung Yang Terakreditasi A

1,015 views

radartvnews.com – Berdasarkan data badan akreditasi provinsi sekolah dan madrasah wilayah Lampung di provinsi Lampung masih minim sekolah yang memiliki akreditasi A. Pasalnya akreditasi sekolah di Lampung masih didominasi B. Hal ini disampaikan Kepala BAP-Sekolah dan madrasah wilayah Lampung Maysari Berty.

Menurutnya hanya sekitar 17 persen sekolah yang terakreditasi A. Sementara 55 persen terakreditasi B dan sisanya terakreditasi C. Bahkan ada dua sekolah yang tidak terakreditasi yakni sekolah asal Lampung Timur dan Lampung Utara. Dirinya juga menjelaskan bahwa status akreditasi sekolah untuk tahun ini sangat penting karena merupakan salah satu acuan penilaian perguruan tinggi negeri  pada penerimaan siswa melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

Pihaknya juga telah menyerahkan sertifikat akreditasi sekolah kepada 221 sekolah tingkat SMA dan SMK di 15 kabupaten/kota se provinsi Lampung dengan rincian SMA 103 sekolah dan SMK 118 sekolah

Sementara itu salah satu Kepala Unit Pelaksana Akreditasi (KUPA) kabupaten Mesuji Wagiono mengaku memang untuk saat ini banyak sekolah yang sudah mengurus akreditasi sekolah karena memang untuk kuota penerimaan siswa jalur snmptn ditentukan dari nilai akreditasi sekolah. Dirinya juga sangat mendukung nilai akreditasi sebagai acuan penilaian siswa dalam penerimaan di perguruan tinggi negeri. Hal itu juga untuk memacu sekolah-sekolah terutama yang ada di kabupaten untuk meningkatkan mutu sekolah melalui nilai akreditasi. (lz\ay\rltv)