Scroll untuk membaca artikel
Pesawaran

Hijab Tapis Diminati Hingga Luar Negeri

6
×

Hijab Tapis Diminati Hingga Luar Negeri

Share this article
Pengrajin Hijab Motif Tapis di Pesawaran Mulai kebanjiran Pesanan

radartvnews.com- kelihaian dan kreatifitas terlihat saat tangan lembut ibu-ibu desa negeri katon, Pesawaran, lampung menganyam kain tapis. Selain melestarikan kebudayaan kain khas Provinsi Lampung, juga dapat dikembangkan menjadi karya yang dapat digunakan untuk sehari hari.

Salah satunya kerudung beraplikasi tenun tapis, selain cantik dan menarik, kerudung kain tapis lebih istimewa karena dibuat dengan tangan para pengrajin.

Diah warga desa yang juga pengrajin tapis mengatakan, kini warga lebih sibuk dengan kegiatan ini, mengingat, pesanan sudah mulai meningkat dipasaran. selain digunakan untuk pribadi hijab kain tapis juga dijadikan buah tangan tidak hanya dalam negeri pesanan juga datang dari luar negeri.

“kerajinan ini kami jual melalui online dan juga ada di toko di lampung, banyak juga pesanan dari luar negeri,” ungkap Dian (24/11).

Dari tangan ibu ibu ini tapis juga dijadikan ragam busana dan aksesori-lainnya mulai dari tas selendang, hingga aneka penutup kepala kaum pria.

Dalam pengolahan satu kain bisa dipakai untuk mengaplikasi dua hingga tiga kerudung. Untuk pemasaran, selain secara online dan di bazar-bazar pembeli dapat mengunjungi sentra produksi kain tapis ini.

Diketahui tapis merupakan sandang tradisional berciri khas sulam benang perak atau emas, dibuat menggunakan tangan pengrajin. Selain itu motif cantik tapis juga simbolkan berbagai makna dan cerita.(ren/san)