Jerman Suntik TNWK 1,3 Juta Euro

Jerman Suntik TNWK 1,3 Juta Euro

radartvnews.com- Taman Nasional Way Kambas (TNWK) mendapatkan perhatian dari pemerintah Jerman, ini dibuktikan dengan adanya sokongan dana yang begitu besar yakni sebesar 1,3 juta euro atau setara Rp20,8 miliar dari lembaga asal Jerman Asean Centre For Biodiversity (ACB).

Sokongan dana ini sebagai salah satu upaya promosi hubungan keseimbangan antara konservasi dan penghidupan berbasis masyarakat. Ini juga karena TNWK menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia yang ditetapkan sebagai Taman Warisan Asean.

Direktur Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI)  Iwan Setiawan menjelaskan TNWK memiliki nilai yang tidak hanya untuk perlindungan keanekaragaman hayati  tetapi dapat juga  dimanfaatkan masyarakat.

Pasalnya hidup dikawasan penyangga Taman Nasional memiliki peran yang penting dan bergantung pada sumberdaya yang ada.

“sokongan dana ACB untuk kegiatan hingga tahun 2023, anggaran difokuskan mendanai TNWK dan Taman Nasional Gunung Leuser dengan persantase 40:60 %,” ungkap Iwan.

Sementara  Peneliti Pusat Informasi Lingkungan Indonesia  Thomas Oni Veri Asa menambahkan, kawasan TNWK memiliki 37 desa penyangga berada di Lampung Timur dan Lampung Tengah.

“desa diharapkan dapat dikembangkan agar bisa menyelesaikan masalah dan mengangkat potensi di desa dan TNWK sehingga menghasilkan manfaatkan ekonomi,” ujar Thomas.

Upaya pengembangan telah banyak dilakukan dari berbagai pihak  baik pemerintah,  lembaga kemasyarakatan, maupun akademisi. Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik dengan adanya sokongan dana untuk kemajuan pengembangan Taman Nasional Way Kambas, tutup Thomas.(lih/san)