Kadisdik Lampung Optimistis UNBK Lancar

162 views

radartvnews.com – Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau computer based test di Provinsi Lampung berlangsung lancar Hal ini menurut pantauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung bersama Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung.

Di hari pertama Kadisdikbud Hery Sulyanto meninjau ke beberapa sekolah penyelenggara UBK Diantaranya SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan SMK Negeri 3 Bandar Lampung.

Dari hasil tinjauan tersebut Disdik optimistis pelaksanaan UNBK tahun ini lancar Bahkan jika di tahun mendatang jumlah sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer jenjang menengah bertambah mencapai 50 persen dari total sekolah yang ada Saat ini UNBK diikuti 77 SMAMA dan SMK.

Menurutnya tahun ini tidak ada anggaran khusus untuk penambahan komputer untuk sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana komputerisasi.

Di tahun 2017 pihaknya meminta bantuan langsung ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui anggaran khusus 2017 untuk membantu sekolah yang belum memiliki komputer terutama didaerah sehingga pada tahun 2019 Provinsi Lampung siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer secara menyeluruh.

Apalagi mulai tahun depan pengalihan pengelolaan kewenangan pendidikan menengah sudah resmi dilimpahkan dari KabupatenKota ke Pemerintah Provinsi.

Kepala SMA Negeri 9 Bandar Lampung Hendro Suyono mengatakan peserta ujian nasional tahun ini diikuti 299 siswaPelaksanaan ujian menggunakan tiga ruang kelas masing-masing kapasitas 30 orang yang dibagi menjadi tiga shift waktu ujian.

Seluruh ruangan menggunakan laptop agar saat pelaksanaan ujian tidak terkendala pemadaman Selain itu pihaknya juga menyediakan genset kapasitas besar.

Berdasarkan data Disdikbud Provinsi Lampung jumlah peserta Ujian Nasional jenjang SMA sederajat tahun 2016 mencapai 87.907 peserta dari 1.121 sekolah jenjang SMAMASMALB dan SMK Dimana 77 sekolah diantaranya akan melaksanakan UNBK sementara 1.044 sekolah sisanya melaksanakan ujian tertulis atau UN PBT. (liza/ayu/coy)