Konsumen Tolak Penghapusan Golongan Listrik

Foto : Dok radartvnews.com

radartvnews.com- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan PT PLN sedang menggodok penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi. penyederhanaan berlaku bagi pelanggan dengan golongan 900 va tanpa subsidi/ 1.300 va, 2.200 va dan 3.300 va.

Semua golongan akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 va. Sementara golongan 4.400 va hingga 12.600 va dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 va dan golongan 13.000 va ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Warga Bandar Lampung menolak rencana penghapusan golongan listrik ini, seperti disampaikan Harsono.

“penghapusan golongan listrik itu dinilai tidak akan menguntungkan bagi masyarakat terutama para pelaku usaha kecil,” Ujar Harson (13/11). Sebab dikhawatirkan penghapusan golongan listrik ini adalah strategi pemerintah untuk nantinya kembali menaikkan tarif listrik., tambah Harson.

Hal senada disampaikan warga kampung baru, Simbolon menuturkan,   saat ini tarif listrik sudah cukup mahal sehingga jika golongan yang ada dihapuskan dan digantikan dengan yang baru akan semakin menyusahkan masyarakat kecil.

“dengan daya 900va dalam kurun waktu satu minggu bisa menghabiskan pulsa listrik sebesar 200 ribu rupiah,” Ujar simbolon. Padahal tidak banyak peralatan elektronik yang digunakannya dirumah maupun usaha bengkelnya.(liz/sep)