radartvnews.com – Kinerja aparat khusunya pasukan TNI Lampung patut dibanggakan. Setelah minggu lalu Kodim 0411-LT menggerebek gudang pupuk ilegal, kini giliran anggota intel korem 043 garuda hitam lampung yang menggerebek pembalakan liar di kawasan hutan register 19 desa margodadi, way lima, kabupaten pesawaran pada minggu siang.

Mengetahui kedatangan para aparat, sejumlah  buruh pengangkut kayu yang diduga sedang melakukan ilegal loging ini, langsung kocar-kacir melarikan diri.   Namun, empat orang anggotanya yang tidak sempat melarikan diri berhasil diamankan petugas.  Mereka ditangkap ketika menurunkan kayu yang diangkut menggunakan sepeda motor.

Dari lokasi penggerebekan  petugas mendapati kayu balok yang baru saja dipotong dan tujuh unit sepeda motor pengangkut kayu. Supriyanto  salah seorang buruh pengangkut kayu hasil ilegal logging mengaku diperintahkan oleh camat way lima dan kepala desa margodadi untuk bekerja mengakut kayu dengan upah 1 juta per kubik kayu. Selain camat dan kepala desa  aktivitas ilegal logging ini juga diduga dibekingi oleh oknum aparat lainnya.

Kasi intel korem 043 garuda hitam  letkol infanteri Edwin Gunawan mengatakan,  pengerebekan aktivitas ilegal logging ini merupakan pengembangan informasi yang diberikan warga setempat yang resah dengan aktivitas ilegal logging di kawasan hutan register 19. Kini pihaknya masih mendalami ada tidaknya keterlibatan aparat desa dan onkum tni dalam aktivitas ilegal logging di kawasan hutan register 19 way lima tersebut.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut  puluhan kubik kayu sonokeling hasil ilegal loging ini diangkut menggunakan truk untuk diserahkan ke polda lampung. (leo/cat/am)