Pemprov Lampung Tunjuk IAIN Raden Intan Jadi Tuan Rumah Annual International Conference On Islamic Studies (Aicis) Ke-16

393 views
Lampung Tuan Rumah AICIS 2016

radartvnews.com – Penunjukan  IAIN Raden Intan Lampung sebagai penyelenggara AICIS Ke-16 Tahun 2016, dikarenakan Provinsi Lampung sebagai daerah yang mayoritas penduduknya beragama islam, merupakan symbol kehidupan yang multi kultural, multi etnis dan multi religius. Lampung memiliki kekayaan tradisi, nilai-nilai adat dan spritual, serta budaya dan destinasi pariwisata. Keragaman agama, budaya dan suku yang mampu hidup berdampingan dengan damai, harmoni dan toleren di daerah Lampung ini dapat menjadi salah satu modal dan contoh aktual Islam Indonesia yang layak dipromosikan untuk turut membangun peradaban dunia yang plural, damai dan harmoni.

Konferensi Internasional ini diselenggarakan selama 4 (Empat) hari, Selasa-Jumat, tanggal 1-4 Nopember 2016. Tempat penyelenggaraan the 16 th AICIS 2016 berfokus di area Kampus Sukarame IAIN Raden Intan Lampung yang terkenal bersih, hijau dan asri. Seremoni Pembukaan AICIS 2016 direncanakan dilangsungkan digelar Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung atau Hotel The7 Bandar Lampung.

Tujuan dilaksanakannya Penyelenggaraan AICIS 2016 adalah, pertama Mempertemukan para ilmuan muslim dan pengkaji keislaman multi keahlian dari berbagai belahan dunia dan wilayah di Indonesia dalam forum yang membahas dan merumuskan kontribusi Islam Ibdonesia terhadap peradaban. Kedua, Menunjukan keunggulan-keunggulan Islam Indonesia ke pentas peradaban dunia sebagai modal dalam membangun hubungan yang harmoni, toleran, damai, demokratis dan dinamis, ditengah konflik kehidupan umat manusia yang multi religius, etnis dan kultural. Ketiga,  Mempromosikan kekayaan dan keunikan Islam Lokal di Indonesia, terutama daerah Lampung, dalam membangun bingkai mozaik Islam Indonesia yang damai, harmoni, dan toleren.

AICIS 2016 akan mengundang para Pakar dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri, Prof. Moncef Abdul Jalil ( University De Saosa; Tunisia), Prof. Virginia Hooker (Australian National University; Camberra), Prof. Syafii Ma'arif (Ma'arif Institute; Jakarta), Prof. M. Nasir (Menristek Dikti RI), Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Menteri Sosial RI, Menteri Pertahanan RI. Dan yang menjadi peserta selain dari Indonesia juga dari berbagai Kota/Negara misal NETHERLAND, NEWS YORK, GERMANY, MALAISIA, COLUMBIA, SIDNEY.

Pemerintah Provinsi Lampung, yang dipertegas oleh Gubernur Lampung bahwa sebagai tuan rumah tentu kita akan bantu maksimal untuk membeckup IAIN RADEN INTAN, momen ini harus kita manfaatkan untuk juga memperkenalkan destinasi wisata kita kepada utusan/delegasi dari Dalam maupun Luar Negeri. Termasuk kita akan pamerkan produk-produk kerajinan lokal, makanan khas Provinsi Lampung ujar M. RIDHO FICARDO dengan optimis. (rls/min)