Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Menristek Dikti Jangan Asal Tutup PTS

0
×

Menristek Dikti Jangan Asal Tutup PTS

Share this article
Menristek Dikti Jangan Asal Tutup PTS

radartvnews.com- Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi hingga tahun 2019 mendatang akan  merestrukturisasi masa jumlah perguruan tinggi swasta menjadi seribu unit kampus.

Selain menutup, Menteri Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, menganjurkan supaya kampus-kampus kecil yang tidak sesuai standar untuk merger atau bergabung dengan kampus lain.

Menyikapi hal tersebut, ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta wilayah Lampung Firmansyah mengatakan,  jumlah PTS yang saat ini mencapai tak kurang dari 3.500 kampus merupakan konsekuensi dari jumlah perguruan tinggi negeri yang tidak bisa menampung semua mahasiswa.

“PTS menjadi solusi agar masyarakat mampu mengakses pendidikan ke jenjang tertinggi, hampir 70 persen masyarakat ditampung oleh pts sedangkan sisanya di PTN,” ujar Firmansyah (20/10).

Jika banyak PTS yang belum berkembang harusnya pemerintah  dapat memberikan pembinaan tidak asal menutup namun mengkaji akar permasalahan dan mencari solusi, tegas Firman.

Rektor IBI Darmajaya ini juga menyebut banyaknya PTS juga disebabkan karena belum ada komitmen dari pemerintah untuk membatasi pengurusan izin pendirian kampus, bahkan PTS terkesan dianaktirikan dengan berbagai aturan ketat yang diterapkan.(liz/sep)