Pelatihan Empat Pilar MPR RI Diikuti Ratusan Dosen Lampung

481 views
Pelatihan Empat Pilar MPR RI Diikuti Ratusan Dosen Lampung
Ratusan Dosen Lampung ikuti pelatihan 4 pilar MPR RI

radartvnews.com – Sekretariat jenderal MPR RI bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta se provinsi lampung  menggelar pelatihan untuk pelatih  atau training of trainers  empat pilar MPR RI. Training of trainers tersebut diikuti selama tiga hari oleh puluhan pengajar di perguruan tinggi negeri dan swasta se lampung.

Dalam sambutannya ketua MPR RI Zulkifki hasan mengatakan, dosen dan perguruan tinggi banyak bersinergi untuk turut membangun bangsa  pelatihan empat pilar ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang meluas  khususnya bagi dunia pensidikan  sesuai pedoman empat pilar kebangsaan tersebut.

Staf ahli bidang sumberdaya manuasia Theresia Sormin mengatakan  Sosialisasi empat pilar kebangsaan dipandang sangat penting untuk membina kerukunan berbangsa dan bernegara. Dalam pemaknaan dan pelaksanaan sosialisasi ini harus digaris bawahi terhadap pahaman empat pilar tersebut  dengan tetap memperhatikan konteks pendiri bangsa. Sosialisasi ini harus memberikan soslusi yang efektif bagi pembagunan bangsa.

Menariknya  bukan hanya diskusi  pelatihan seputar wawasan kebangsaan, acara ini juga diisi dengan beragam metode pendalaman melalui ceramah dan dialog serta simulasi kelompok. Selain TOT MPR juga memiliki metode sosialisasi dengan  metode out bond, bela negara, cerdas cermat hingga perkemahan empat pilar.

Training of trainers diharapkan mampu Memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh kepada peserta mengenai Pancasila Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945  dan ketetapan MPR RI  negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Peserta TOT nantinya diharapkan mampu menjadi narasumber dalam penyelenggaraan sosialisasi pancasila, UUD tahun 1945, ketetapan MPR RI dan Bhineka Tunggal Ika dilingkungannya.

Kegiatan ini nantinya akan terus berlanjut bukan hanya diprovinsi lampung dan kalangan dosen saja  namun juga keberbagai daerah dwngan menjangkau semua kalangan masyarakat  untuk sosialisasi empat pilar MPR RI. Pelaksanaan TOT merupakan jalan menuju masyarakat yang tahu dan melaksanakan karakter bangsa  Kegiatan ini harus menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat, bukan hanya pemerintah atau segelintir masyarakat. (nang/hen/cat/amin)