Pemprov Lampung Kerjasama Pemprov Sumut

Pemprov Lampung Kerjasama Pemprov Sumut

radartvnews.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menjalin kerjasama dengan Pemerintah Propinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah, mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergisitas dalam penerapan proses perencanaan (e-planning) serta penganggaran (e-budgeting) pembangunan daerah.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama itu dilakukan langsung antara Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Setdaprov) Lampung Hamartoni Ahadis dengan Plt Setdaprov Sumatera Utara Ibnu S Hutomo, di ruang rapat sekretariat Pemprov Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Rabu (9/5).

Dalam sambutan dihadapan para kepala SKPD dilingkungan sekretariat Pemprov Sumut itu, Hamartoni menegaskan, tujuan dari kerjasama yang dilakukan selain untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah juga untuk kesejahteraan masyarakat. “ Kesejahteraan tidak hanya bagi masyarakat di Provinsi Lampung, tapi untuk masyarakat di Provinsi Sumatera Utara juga,” kata Plt Setdaprov Lampung itu yang langsung disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Dipilihnya Pemprov Sumut untuk bekerjasama dalam kedua bidang tersebut lanjut Hamartoni, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang Sumut adalah tempat yang baik untuk studi banding. “Untuk itu dalam kesempatan ini dan sebagai tindaklanjut ke depan, kabupaten dan kota se Propinsi Lampung juga akan melaksanakannya, “ sebut Hamartoni yg juga menjabat Asisten 3 Pemprov Lampung itu. “Karena itu dalam acara ini, kita juga membawa semua sekretaris daerah kabupaten kota se Lampung,” tambah Hamartoni.

Ditambahkannya, latar belakang lain dipilihnya Pemprov Sumut, adalah tindaklanjut dari penandatanganan komitmen bersama program pemberantasan korupsi yang terintegrasi seluruh kepala daerah dan ketua DPRD se Provinsi Lampung, 11 April tahun ini. “Hadir pada kegiatan itu langsung Ketua KPK, Menteri Dalam Negeri, Ketua BPK, Kepala BPKP, Pjs Gubernur Lampung dan semua unsur Forkopimda, “ papar Hamartoni, yang menutup penjelasan dengan mengucapkan beberapa pantun disambut riuh semua yang hadir.

Atas apresiasi yang diberikan dan dipilihnya Pemprov Sumut ini, Plt Setdaprov Sumut Ibnu S Hutomo, menyatakan tuntutan untuk meyelenggarakan pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, responsif sudah merupakan kebutuhan masing masing organisasi pemerintahan. “Kerjasama yang dilakukan antara Pemprov Sumatera Utara dengan Provinsi Lampung ini adalah salah satu inovasi agar memberikan perubahan terhadap penyelenggaraan pemerintahan,” sebutnya. “Mungkin dilain bidang, giliran kita Pemprov Sumut akan menjalin kerjasama dengan Pemprov Lampung,” janji Ibnu S Hutomo.

Usai melalukan penandatangan MoU, Plt Setdaprov Lampung Hamartoni bersama Kepala Bappeda Taufik Hidayat dan Kadiskomintik Krisna Putra, melakukan kunjungan ke Ruangan Sumut Smart Province. (RLS/JF)