Pemulung Hibahkan Rumah Untuk Taman Baca

Sejak Tiga Tahun Lalu TBM Kampung Merdeka Selalu Dipenuhi Anak-anak

radartvnews.com- Digubuk sederhana Deki Aprijal (30) mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Merdeka. Ratusan buku tersedia di lokasi yang terletak di jalan dr. setia budi kelurahan kuripan, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung.

Sekumpulan anaK-anak  terlihat asyik bermain sambil membaca, buku komik, sain, agama dan buku pendidikan sekolah. Rumah sederhana ini begitu berarti bagi anak sekitar. Selain tempat bemaiN  lokasi ini dijadikan untuk menambah ilmu pengetahuan.

“disini banyak anak yang main tapi nggak terarah, jadi kita ajak untukbelajar edukasi agar lebih terarah,” ujar Deki.

Deki sang perintis TBM Kampung Merdeka bekerja sebagai satpam di kantor Pertanahan Provinsi Lampung, sekaligus sebagai pemulung  menghibahkan rumah sejak 2016 hingga sekarang.

Untuk ketersedian buku Deki berburu sendiri, selain itu beberapa relawan juga ikut menyambang buku di taman bacar masyarakat.

“rumah ini digunakan sudah tiga tahun, kalau untuk buku saya cari sendiri ada beberapa diberikan teman dan relawan,” ungkap Deki.

Atika Chandra Asih (46) Salah satu relawan, mengaku senang berda di lokasi ini karena dapat berbagi ilmu dengan generasi penerus bangsa. “saya ikut aktif disini saya tadinya ikut kelas insprirasi di sekolah- sekolah  terus saya tahu TBM jadi saya sering kesini,” ujar Atika.

Deki dan Atika berharap perpustakaan TBM Kampung Merdeka  dapat memberikan informasi dan ilmu pendidikan bagi anak-anak hingga terhindar dari kegiatan negatif dan dapat menggapai cita-cita.(tim/san)