Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPemilukada

Penurunan DPT Karena KTP-El

2
×

Penurunan DPT Karena KTP-El

Share this article
KPU : Penurunan DPT Karena KTP-El

radartvnews.com- Komisi Pemilihan Umum di 15 kabupaten-kota sudah menggelar pleno penetapan jumlah pemilih tetap untuk Pilgub Lampung, dari pleno rata – rata daftar pemilih di kabupaten kota mengalami penurunan.

Total dari hasil pleno di 15 kabupaten Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 5.768.253 jiwa, sementara di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) KPU menetapkan DPS sebesar 5, 919.411 jiwa pemilih.

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan, penurunan daftar pemilih di kabupaten kota dikarenakan banyak masyarakat yang belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) maupun surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“ini terlihat dari besarnya jumlah penduduk yang terekam dari formulir ACKWK yang tak lain merupakan pendataan langsung dari PPDP pada coklit lalu, salah satu contoh yakni di kabupaten tulang bawang ada sebelas ribu pemilih potensial yang terpaksa harus dihapus dari DPT karena tidak memiliki identitas jelas,” ujara Handi.

KPU Provinsi Lampung saat ini tengah bersiap untuk menggelar pleno daftar pemilih tetap, seluruh data dari kabupaten kota akan dipelajari lebih mendalam untuk menentukan daftar pemilih tetap yang menggunakan hak suaranya pada pilgub 27 juni mendatang.(bow/san)