lampung timur – Perburuan Gading Gajah di TNWK (Taman Nasional Way Kambas) Lampung Timur, di duga sengaja di bantai oleh para pemburu liar. Dari hasil temuan ini, polisi berharap dapat mengungkap kasus kematian gajah lainnya yang juga mati secara mengenaskan.

berita sebelumnya : Gajah Liar Mati, Diduga Dibantai Pemburu Di Kawasan Taman Nasional Way Kambas

Dari data yang di peroleh, pada agustus 2015  dua ekor di temukan mati di Rawa Tidung, selang dua bulan kemudian yakni pada oktober 2015 juga di temukan dua ekor gajah mati mengenaskan di area Rawa Permata – Kuala Kambas, dan dua ekor lagi di temukan pada november 2015 di area Danau Biru, terahir pada pebruari 2016  satu ekor gajah di temukan mati di area Rawabunder Kawasan TNWK.

Ironis nya ke tujuh ekor gajah liar yang di temukan mati misterius ini selain dalam kondisi mengenaskan, gigi dan gading nya pun hilang, diduga ini ulah para pemburu yang sering beroperasi di Kawasan TNWK.

Humas Balai TNWK, Sukatmoko mengatakan  sejak tahun 2015 hingga 2016 sudah ada tujuh ekor gajah di temukan mati, di Area Kawasan TNWK, bahkan kematian tujuh ekor gajah akibat ulah para pemburu liar, yang sering melakukan pemburuan di Kawasan TNWK.

 Sementara guna menindak lanjuti kasus temuan gajah mati ini, kasat Reskrim Polres Lampung Timur, Iptu Andreas Winardi menyatakan saat ini masih melakukan penyelidikan dan menungu hasil autopsi dari dokter gajah TNWK, Andres juga tak membantah adanya pemburu liar yang sering berkeliaran di Kawasan Taman Nasional Way Kambas.

 Sangat disayangkan dari tujuh kasus  temuan gajah mati sejak tahun 2015 hingga 2016 ini, belum satu pun berhasil diungkap pelaku pembunuhan gajah.(din/rltv)