Prioritas Pemprov Masih Pada Program Infrastruktur

388 views

Gubernur Lampung Ridho Ficardo memberikan arahan sekaligus membuka acara “Pembekalan Khusus Kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung Masa Jabatan 2016-2021” di Gedung Pusiban, Kantor Pemprov Lampung, Rabu (13/4).

Rapat kordinasi serupa sebelumnya beberapa kali digelar Gubernur guna meningkatkan sinergitas, kali ini dikhususkan kepada 8 Bupati/Walikota se-Lampung yang baru dilantik beberapa bulan lalu untuk lebih memperkuat sinergitas dan menyampaikan beberapa arahan Presiden.

Salah satu arahan Presiden yang disampaikan Gubernur mengenai penggunaan anggaran agar mengutamakan hal-hal yang prioritas.

“Kebijakan anggaran yang berdasarkan “money follow function” harus diubah prinsipnya “money follow priority”. Dalam arti, kita harus mampu mengendalikan alokasi anggaran untuk program yang benar-benar prioritas dan mampu memberikan target dan sasaran yang jelas,” kata Ridho.

Saat ini, kata Ridho, prioritas Pemprov masih pada program Infrastruktur namun Pemprov memiliki target-target berapa persen kenaikannya setiap tahun sehingga memiliki arah yang jelas. Dan diharapkan Bupati/Walikota juga mempunyai target-target tersendiri, sehingga tahu kemana dan kapan tujuan tercapai.

Setelah tercapai, maka program prioritas bisa digeser kebidang-bidang lain, bila tidak ada target maka Anggaran akan tersandra bertahun-tahun dibidang yang sama tanpa tahu kejelasan kapan titik capai dan keberhasilannya.

Mengenai sinergitas yang terus menerus ditekankan oleh Gubernur, diharapkan bukan saja antar Pemerintah daerah namun juga merangkul berbagai kalangan, terutama Forkopimda.

“Libatkan Forkopimda jalin kebersamaan. Tidak ada yang hebat dengan jalan sendiri-sendiri. Saya, Bapak dan Ibu bila jalan sendiri-sendiri tidak banyak manfaat untuk masyarakat. Tapi kalo kita sinergi dan solid kita kerjakan semua bersama, mana yang bisa bapak ibu selesaikan, mana yang bisa saya bantu dan mana yang kita minta tolong ke pusat, semua ringan bila bersama-sama,” ujar Ridho.

Pembekalan Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah dibuka Ridho seusai sambutan dan arahannya. Pembekalan akan berlangsung selama 2 hari (13-14/4) dihadiri seluruh Kepala Daerah ataupun Wakil Kepala Daerah dari 8 Kabupaten/Kota masa jabatan 2016-2021, Dirjen Otonomi Daerah dan Pemerintahan, Forkopimda Provinsi Lampung dan Kepala SKPD Pemprov Lampung. (rls/adi)