Scroll untuk membaca artikel
MesujiPeristiwa

Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Bedah Rumah Warga

2
×

Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Bedah Rumah Warga

Share this article

radartvnews.com – Tahun 2015 , PEMKAB Mesuji telah sukses menjalankan program BARULAHU ( BantuanRrumah Layak Huni ) , terbukti sekitar dua ribu rumah tidak layak huni , berhasil dirubah menjadi rumah layak huni .

Program BARULAHU terbagi menjadi dua jenis , bantuan rumah untuk kampung tua sebesar 25 juta rupiah per unit , dan sebelas juta rupiah untuk kampung transmigrasi . tidak hanya itu , PEMKAB Mesuji juga memberikan cuma – cuma tanah pekarangan kepada keluarga baru yang kurang mampu . bantuan tanah kaplingan tersebut diutamakan untuk masyarakat yang tinggal dikampung tua dan dipingiran sungai .

Dinas pekerjaan umum , PU , kabupaten Mesuji dengan ketat menyeleksi penerima bantuan rumah layak huni . sehingga program BARULAHU ini berjalan sukses dan tepat sasaran , yakni keluarga miskin yang belum memiliki rumah layak huni .

Seperti yang dilakukan oleh Kabid Cipta Karya Dinas PU Mesuji Heri Johan , ia langsung turun kelapangan mengecek calon penerima bantuan rumah layak huni , dan mengawasi proses pembangunan rumah bantuan barulalu ini, ,

Heri Johan mengunjungi langsung penerima bantuan barulalu di Desa Pajar Asri , Kecamatan Panca Jaya , yaitu nenek Leginah dan ibu Waginah .

Leginah mengatakan , sebelumnya ia bersama suaminya tinggal dikubuk kecil dan reot . dinding terbuat dari papan dan anyaman bambu yang mulai rapuh , jika turun hujan , tak jarang air masuk kedalam rumah .

Nenek berusia75 tahun ini mengaku banyak terimakasih kepada Pemkab Mesuji . karena bantuan tersebut , ia bersama suaminya dapat tinggal dirumah layak huni .

Hal sama disampaikan waginah . janda tua ini mengatakan , tanpa bantuan sebelas juta dari Pemkab Mesuji , ia bersama anaknya tidak mungkin dapat memperbaiki tempat tinggalnya.

Bupati mesuji khamamik mengatakan , program bantuan rumah layak huni merupakan kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakatnya yang tidak mampu . orang nomor satu di bumi serasan segawe tersebut berkomitmen akan menuntaskan rumah tidak layak huni  secara bertahap .,

 

Untuk tahun 2016 , nilai bantuan rumah layak huni naik , dari 25 juta rupiah menjadi 26 juta rupiah , dan 11 juta rupiah menjadi 12 juta rupiah per unit .

 

Khamamik meminta kepada dinas PU Mesuji untuk benar benar menyeleksi calon penerima bantuan tersebut , jangan sampai , program BARULAHU ini salah sasaran .

Diketahui rumah yang akan dibangun menggunakan batako dan atap asbes , dengan ukuran 6  x 8  meter persegi  , dua kamar , satu ruang tamu , wc dan dapur.(sam/rltv)