Puluhan Warga Lempasing Mulai Terserang Wabah Malaria

136 views

radartvnews.com – Puluhan warga desa lempasing kecamatan teluk pandan kabupaten pesawaran mulai terserang penyakit malaria. Wabah malaria ini diduga berasal dari salah satu kolam milik warga yang sudah lama tidak di gunakan sehingga menjadi tempat nyamuk malaria berkembang biak.

Munir salah satu warga setempat mengatakan empang yang dibangun sejak tahun 90 an tersebut sudah satu tahun tidak berfungsi lagi. Sehingga diduga kuat menjadi penyebab timbulnya wabah malaria yang menyerang warga setempat. Dirinya berharap kepada pemerintah agar segera bertindak sebelum wabah malaria semakin merebak.

Sementara camat Teluk Pandan Firdaus mengharapkan secepatnya ada tindakan dari dinas kesehatan kabupaten Pesawaran serta berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi untuk mengatasi wabah malaria di kecamatan Telukpadan, karena sejak dulu desa Sukajaya Lempasing ini sudah menjadi daerah endemis malaria. Bahkan peneliti tingkat dunia sudah mengambil sampel desa terseut dan menyatakan bahwa daerah ini memang endemis.

Berdasarkan pantauan radar tv di lokasi empang yang sudah tidak produktif tersebut menjadi sarang bekembang biaknya jentik nyamuk penyeban malaria. Tidak hanya jutaan jentik yang berkembang, bahkan jentik yang siap menjadi nyamuk dewasa diperkirakan akan memenuhi empang tersebut. (dra\pesawaran)