Ridho Anugerahkan MIPI Award Kepada Empat Kepala Daerah

Ridho Anugerahkan MIPI Award Kepada Empat Kepala Daerah

radartvnews.com- Sejak dibentuk 22 oktober 1991, masyarakat ilmu pemerintahan indonesia atau ( MIPI ) telah sembilan kali memberikan penghargaan kepada kepala daerah, akademisi dan pemerhati pemerintahan yang memiliki terobosan karya nyata dalam ilmu pemerintahan di Indonesia.

MIPI award pertama kali diberikan pada 2007 lalu dan di tahun 2017 ini MIPI kembali memberikan penghargaan serupa.

MIPI Award sendiri di helat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, sabtu lalu (4/11) dimana terdapat 6 penerima penghargaan, 4 diantaranya kepala daerah dan 2 penerima lainnya merupakan ilmuwan pemerintahan dan pemerhati pemerintahan.

4 kepala daerah yang menerima penghargaan adalah Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan, Bupati Agam Provinsi Sumatera Barat Indra Catri, Bupati Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Hasto Wardoyo, dan Wali Kota Pontianak Provinsi Kalimatan Barat  Sutarmidji. Sedangkan untuk kategori ilmuan pemerintahan dan pemerhati pemerintahan di raih oleh prof. dr. Eko Prasodjo serta Robert Endi Jaweng, Si, MA.

Dalam sambutannya ketua ketua umum masyarakat ilmu pemerintahan indonesia M.Ridho Ficardo mengatakan, bila  MIPI dibentuk karena adanya kesadaran para penggagasnya bahwa perkembangan pemerintahan Indonesia merupakan hasil interaksi antara praktisi  pemerintahan sebagai abdi pemerintahan,  ilmuwan pemerintahan dan pemerhati pemerintahan.

“tiga kelompok ini lah yang memberi dan menentukan gerak sebagai proses melayani,  membangun serta memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujar Ridho (4/11).

Sejak otonomi daerah, kepala daerah merupakan pelaku utama pemerintahan, namun  sayangnya masih di temukan kepala daerah yang belum memiliki kompetensi memadai untuk memimpin suatu daerahnya.

“MIPI menggelar penghargaan untuk memacu para kepala daerah agar terus mendalami ilmu pemerintahan sehingga bisa melakukan inovasi yang berguna bagi masyarakatnya,” tegas Ridho.

Ketua komite penilai MIPI awards 2017 Muchlis Hamdi dalam sambutanya mengatakan, penghargaan diberi untuk tiga kategori yaitu kategori praktisi pemerintahan,  kategori ilmuwan pemerintahan   dan kategori pemerhati pemerintahan.

Tim penilai MIPI awards 2017 terdiri dari ketua Prof.Muchlis Hamdi,  sekretaris Prof. R Siti Zuhro dengan anggota Prof.Miftah Thoha,  Prof Ramlan Surbakti , Drs.Arbi Sanit, Prof Ngadisah dan Mudiati Rahmatunnisa PHD //

Dalam sambutanya perwakilan penerima penghargaan MIPI Award 2017 Achmad Heryawan yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat mengaku bersyukur  atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya.

“diharapkan kepala daerah di seluruh indonesia bisa terus berinovasi dalam melakukan pembagunan di daerah nya masing-masing,” ujar Acmhad Heryawan.

 Sebelum meninggalkan  lokasi acara ketua umum MIPI berharap, MIPI awards dapat menjadi spirit dan motivasi bagi praktisi pemerintahan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu juga mampu mendorong para ilmuwan dan pemerhati pemerintahan untuk terus mengembangkan pemikiran baru dan berkontribusi bagi pembentukan pemerintahan yang baik dan jauh dari KKN.

Kedepan peraih MIPI award diharapkan bisa menjadi contoh bagi kepala daerah lain untuk melakukan inovasi di bidang pemerintahan. Beberapa inovasi yang dilakukan di daerah merupakan mutiara yang bisa aplikasikan di wilayah lain.(sah/sep)