Sampah di Teluk Lampung Tak Berujung

Sampah di Teluk Lampung Setiap Hari Kian Bertambah, Selain Merusak Ekosistem Laut Ikan Tangkapan Nelayan Berkurang

radartvnews.com- Kondisi sampah dipinggiran laut teluk lampung tepatnya di jalan yos sudarso, gang ikan selar, kelurahan sukaraja, kecamatan bumiwaras, Bandar Lampung kian hari kian bertambah.

Meski banyak wacana dan upaya dari warga maupun pemerintah untuk membersihkan sampah namun hal ini hanya tidak mebuahkan hasil. Lemahnya kesadaran masyarakat atas kebersihan masih menjadi pemicu banyaknya sampah. Selain  merusak ekosistem laut sampah juga kerap menimbulkan bau yang tidak sedap.

Maryudi warga sekitar sudah akrab dengan kondisi ini, namun beberapa usaha telah dilakukan untuk mengurangi sampah namun tidak membuahkan hasil. Keberadaan  sampah dapat merusak ekosistem laut bahkan banyaknya sampah  tangkapan ikan nelayan menjadi berkurang.

Pemerintah Kota Bandar Lampung pernah melakukan upaya pengerukan sampah lalu menimbunnya, namun upaya ini hanya bersifat sementara karena sampah kembali menumpuk.

Sekretaris Kelurahan Sukaraja Marlan mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan petugas sokli dan gerobak sampah namun kembali tak mebuahan hasil.

Hanya kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan  disinyalir dapat mengurangi sampag di teluk Lampung.(lih/sep)