SNMPTN 2016 Disesuaikan Dengan Akreditasi Sekolah

155 views

radartvnews.com – Selain nilai rapor dan portofolio akademik pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN ) tahun ini akreditasi sekolah akan menjadi acuan penilaian.

Wakil rektor 1 bidang akademik Bujang Rahman mengatakan bahwa kuota siswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN ini akan dibagi berdasarkan nilai akreditasi sekolah. Untuk sekolah yang memiliki akreditasi A siswa yang akan diterima mencapai 75 persen, akreditasi B sebanyak 50 persen dan akreditasi C sebanyak 10 persen dari jumlah siswa terbaik disekolah tersebut. Sementara untuk akreditasi lainnya sebanyak 10 persen. Hal ini diterapkan oleh pusat agar mendorong sekolah-sekolah untuk meningkatkan akreditasi sekolahnya.

Sementara itu humas SNMPTN Unila muhammad komaruddin mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil kepala sekolah di lampung untuk melakukan sosialisasi pendaftaran SNMPTN .Untuk tatacara pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengisian pdss oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, pemeringkatan dan pendaftaran snmptn oleh siswa. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman SNMPTN dengan menggunakan NISN dan password login, kemudian mengisi biodata pilihan PTN dan pilihan program studi serta mengunggah pas foto terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Pendaftar kemudian mencetak kartu tanda peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. (lz\ayu\rltv)