SPBU Mobile Standby di Tol Bakauheni

Foto : Dokumen Radar Lampung TV

radartvnews.com- Untuk mengantisipasi kekhawatiran pemudik pada arus mudik lebaran mendatang. PT Pertamina (Persero) Lampung akan menyiapkan satu unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mobile dipintu gerbang jalan tol pelabuhan Bakauheni, SBPU berupa mobile dispenser dan kios BBM.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  menyediakan BBM jenis Pertalite dan Pertamax sebanyak 18 kiloliter pada SPBU mobile ditengah rencana operasional Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Bakauheni-Terbanggi Besar secara fungsional.

Hal ini sebagai antisipasi kehawatiran pemudik terhadap pengisian BBM, karena belum memadainya fasilitas di JTTS. Salesman Excecutive Retail Pertamina RM. Januari Adi menjelaskan (29/5/2018), Bakauheni diprediksi akan menjadi titik terpadat kendaraan. Sebab  keluar-masuk kendaraan di Sumatera-Jawa akan melintasi pelabuhan sehingga menjadi wilayah paling rawan kemacetan.

“ini dilakukan untuk memecah kemacetan di SPBU, saat ini kita masih siapkan satu mobile kita menunggu kordinasi dengan pengelola tol terkait hal ini, ” ujar Januari.

Menanggapi hal ini Pemerintah Provinsi Lampung melalui Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan, Pemprov mengharapkan PT Pertamina tak hanya menyediakan satu unit SPBU mobile saja. Agar bisa membantu mengurai kemacetan di titik titik SPBU.

“ini bagus guna melerai kemacetan di SPBU namun kami minta Pertamini menyiapkan lebih banyak lagi SPBU Mobile,” ujar Qudrotul.(lih/san)