Tarif Angkutan Lebaran Mulai Naik

Harga Tiket Bus Malam Mulai Nai, Dihub Tetapkan Batas Maksimal 30 % Untuk Kelas Ekonomi

radartvnews.com- Menjelang lebaran, tarif angkutan kendaraan umum mulai mengalami kenaikan sejak awal juni ini. Dari pantau Radar TV senin siang (4/6/2018) sejumlah agen bus dan travel mulai menaikan tarif angkutan kendaraan.

Agen Po Bus Kramat Djati dan Ratu Intan Travel yang sudah mulai menaikan tarif sejak awal juni.

Untuk tiket bus Kramat Djati yang disediakan kelas executive Bandar Lampung tujuan Bandung dari harga semula Rp250 ribu,  mulai 1 juni 2018 naik menjadi Rp275 ribu, kenaikan tersebut akan terus terjadi secara bertahap hingga pada puncaknya menjelang lebaran yakni naik mencapai Rp340 ribu.

Menurut operator agen Po Kramat Djati Rosniana Menjalaskan, kenaikan tersebut merupakan kebijakan dari pusat sehingga agen agen seperti yang ada di Bandar Lampung mengikuti kenaikan tarif. Sementara itu sejauh ini pemesanan tiket melalui agen Po Bus Kramat DJati dan Ratu Intan Travel masih normal.

“kenaikan harga mengikuti perintah pusat kenaikan terhitung sejak 1 juni 2018, diperkirakan kenaikan akan terus terjadi hinga 24 juni,” ungkap Rosniana.

Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan menghimbau para pengusaha angkutan umum kendaraan agar tak menaikan tarif melebihi batas yang telah ditentukan. Kepala Dishub Lampung menetapkan tarif batas atas sebesar 30 % bagi angkutan kendaraan ekonomi.

“penetapan tarif batas atas sebesar 30 persen ini berlaku bagi kendaraan ekonomi, Dishub akan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin operasional pengusaha kendaraan umum yang menaikan tarif melebihi batas atas yang telah ditentutkan tersebut,” ujar Qudrotul.

Untuk mengantisipasi para pengusaha angkutan kendaraan yang nakal, Dishub dalam waktu dekat akan melakukan sidak tersembunyi ke pengusaha angkutan kendaraan untuk memantau langsung tarif kendaraan.(lih/san)