TIM Sidak Temukan Makanan ’’Bodong’’

TIM Melakukan Sidak Di Transmart dan MBK, Petugas Menemukan Makanan Tidak Dilengkapi Tanggal Kadaluarsa

radartvnews.com- Tim Satgas Provinsi Lampung menggelar sidak di dua lokasi swalayan di Bandar Lampung, senin pagi (4/6/2018). Tim gabungan yang terdiri dari dari BBPOM Bandar Lampung, Dinas Kesehatan Lampung, Dinas Perdagangan Lampung dan Kepolisian Resort Kota Bandar Lampung mendatangi Transmart dan Mall Boemi Kedaton.

Sidak dipimpin langsung Plt Sekertaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis. Hasilnya,  tim menemukan beberapa produk kemasan pangan seperti dodol yang harusnya berada di kemasan besar namun dipisahkan menjadi kemasan kecil oleh Transmart.  Serta tidak disertai tanggal batas waktu makanan di kemasan.

“berbagai sampel produk olahan kita periksa, pengelola Transmart harus memakai logo kadaluarsa agar tak merugiakan pembeli,” ujar Hamartoni.

Sementara di lokasi kedua Mall Boemi Kedaton, tim menemukan beberapa produk kue kering dengan izin produksi pangan rumah tangga yang sudah habis dan akhirnya dilakukan penurunan dari tempat display barang untuk bisa di perbarui kembali.

Syamsuliani Kepala Bpom Bandar Lampung menjelaskan, tim juga menemukan adanya barang yang seharusnya tidak pada tempatnya seperti makanan vegetarian yang di taruh di lokasi produk daging babi.

“ada hal yang perlu disikapi produk daging babi alalog lampung dalam satu tempat, jadi ini tak boleh bersatu dengan produk lainya,” ujar Syamsuliani.

Ditekankan bahwa pada sidak kali ini satgas pangan memastikan produk yang dibeli masyarakat menjelang lebaran aman dan sehat untuk dikonsumsi.(ren/san)