Tol 24 Jam, Tapi Cuma 5 Kilometer

Lematang – Kota Baru Sepanjang 5 Kilometer Bisa Dipergunakan Maksimal 24 Jam

radartvnews.com- Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sebelumnya dipersiapkan sebagai jalur alternatif saat arus mudik lebaran ternyata hanya dimulut saja. Manajemen operasional tol memastikan penggunaan JTTS saat arus mudik hanya sebatas kondisional.

Prastowo Masidi Kabag Operasional Tol Sumatera menjelaskan, JTTS yang dapat dipergunakan sebagai jalur alternatif arus mudik lebaran, yakni ruas jalur Bakauheni Selatan hingga Bakauheni Utara sepanjang 8,9 kilometer. Itupun digunakan hanya pada waktu siang hari, mengingat rambu lalulintas serta lampu penerangan jalan masih banyak yang belum terpasang.

Sementara ruas jalur yang telah terpasang rambu lalulintas dan lampu penerangan jalan. Hanya ruas jalur Lematang – Kota Baru sepanjang 5 kilometer sehingga bisa dipergunakan secara maksimal selama 24 jam.

“jalur Lematang – Kota Baru sepanjang 5 kilometer bisa dipergunakan secara maksimal selama 24 jam karena penerang dan rambu sudah dipasang,” ujar Masidi.

Sementara Jumadi selaku sopir truk menyampaikan, meskipun belum dapat dipergunakan secara maksimal keberadaan ruas tol JTTS cukup mempersingkat waktu karena jarak tempuh yang harus dilalui semakin singkat  serta menghemat bahan bakar.

“adanya tol lebih mudah karena mempersingkat dan menghemat BBM,” Ujar Jumadi.

Saat ini memasuki H-9 hari Raya Idul Fitri volume kendaraan yang menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera masih terpantau normal. Dengan  jumlah rata-rata 1500 kendaraan /hari dan jika memang akan dipergunakan sebagai jalur alternatif arus mudik lonjakan volume kendaraan akan terjadi pada saat cuti bersama tiba.(krp/san)