Tugu Rato Bukan Hanya Icon Tubaba

362 views

radartvnews.com – Pemkab tulang bawang barat pada awal tahun 2015 lalu menargetkan pembebasan lahan yang akan dibangun sebuah tugu, yang pada akhirnya tugu tersebut di beri nama tugu rato naga besanding.” proses awal pembebasan lahan oleh bagian tata pemerintahan daerah sempat mengalami beberapa kesulitan di lapangan di antaranya, warga yang bersikeras tidak ingin melepas lahan mereka yang sekaligus sebagai tempat tinggal.

Namun, berkat kerja keras para staf dan bagian tata pemerintahan, dalam memberikan kesadaran terhadap warga akan pentingnya pembangunan tersebut, maka, warga – warga di sekitar lokasi pembangunan tugu bersedia untuk menerima ganti rugi dan mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam membangun wilayah setempat.

Tepat pada pertengah tahun 2015 lalu, setelah adanya pembayaran dari pihak tata pemerintahan terhadap warga yang memiliki lokasi di sekitar pembangunan tugu rato tersebut, pihak dinas pekerjaan umum kabupaten tulang bwang barat, melakukan pembersihan lokasi atau lendclering, guna untuk di laksanakannya pembangunan Icon wilayah setempat.

Pada masa pelaksanaan pembangunan tugu atau Icon tubaba tersebut, jajaran pemerintah daerah tubaba, tidak bosan – bosan untuk selalu memberikan pengawasan ekstra, mengingat, pembangunan yang di laksanakan tersebut, menggunakan anggarapan publik yang di hasilkan dari pajak rakyat.

Pada masa pembebasan lahan atau lokasi yang akan di jadikan tempat pembangunan tugu rato tersebut, dirinya dan rekan – rekan sempat turun dari rumah ke rumah warga, untuk memberikan pengertian pemahaman tentang perlunya bangunan tersebut bagi kabupaten tubaba.

Di ungkapnya, dalam perhitungan ganti rugi lahan dan bangunan warga yang akan terkena dampak bagi perluasan lokasi pembangunan tugu tersebut, telah terbentuk tim khusus yang akan menghitung secara langsung, jumlah atau nilai dari pada lokasi yang akan terkena gusur tersebut, tim ini di namai tim afreshel.

Di sisi lain wakil bupati tubaba fauzi hasan mengatakan, pembangunan tugu rato di harapkan tidak hanya menjadi sebuah kebanggaan atau ICON wilayah setempat. Namun, pemerintah daerah berharap pembangunan tugu rato tersebut, dapat memberikan nilai – nilai estetika kota, sehingga ada penilaian berbeda antara daerah kecamatan dan wilayah ibukota kabupaten.

Di lain pihak diri juga berharap, dengan adanya pembangunan tugu rato Nago besanding, dapat memberikan nilai – nilai seni yang juga bisa menimbulkan ide – ide kreativ dari warga masyarakat tulang bwang barat, sehingga, dalam pembangunan warga dapat benar – benar memberikan partisifasi dalam pemikiran.