Waspada, Penyakit Mengintai Korban Banjir

Banjir, Penyakit Menular dan Infeksi Mudah Menyebar

radartvnews.com- Bencana banjir di sejumlah daerah di Lampung berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti infeksi dan menular. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mewaspadai serangan penyakit yang terjadI.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, beberapa penyakit bisa muncul selama musim hujan seperti penyakit infeksi saluran penafasan dan gatal gatal, selain itu yang harus di waspadai juga penyakit leptospirosis yang memiliki gejala menyerupai flu, demam, nyeri otot dan pusing.

“penyakit infeksi dan menular bisa muncul saat musim hujan dan banjir, ada satu penyakit yang harus diwaspadai yaitu leptospirosis,” kata Reihana (13/3).

Untuk mencegah terjadinya serangan penyakit, Dinas Kesehatan Lampung menghimbau warga agar tetap menjaga pola hidup sehat serta memperhatikan kebersihan fasilitas Makan Cuci Kakus ( MCK ), imbuh Reihana.

Sebagai upaya pencegahan beberaa tim telah ditempatkan di daerah banjir untuk memberikan bantuan  kesehatan. Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung mencatat 44 orang terserang DBD akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.(lih/san)