Wilayah II, Hanya 4 PTS Terakreditas A

Akreditasi A Baru Dimiliki 4 PTS di Wilayah II

radartvnews.com- Kopertis wilayah II mencatat baru 4 Perguruan Tinggi Swasta ( PTS ) yang terakreditasi A. Dari total 217 PTS yang ada di empat Provinsi yaitu Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Koordinator Kopertis Wilayah II Slamet Widodo mengatakan, minimnya jumlah PTS terakreditasi A ini disebabkan karena sumber daya manusia yang kurang sigap untuk meningkatkan kompetisinya sehingga proses akreditasi mengalami kendala.

“kurangnya kesadaran para dosen dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi serta penyusunan jurnal internasional menjadi kendala utama,” kata Slamet (2/11).

Dari total 10.254 dosen yang ada baik dosen tetap yayasan maupun dosen PNS yang diperbantukan baru sekitar 30-an orang yang telah menyandang gelar profesor, padahal idealnya satu PTS memiliki minimal 1 orang guru besar, tegas Slemet.

Sementara itu ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Lampung Firmansyah menyebut, Lampung patut berbangga sebab dari 4 PTS yang terakreditasi A, 3 diantaranya ada di Lampung yaitu program D3 di Universitas Teknokrat Indonesia, S1 IBI Darmajaya dan S2 di Universitas Bandar Lampung.

Pihaknya juga dalam waktu dekat akan menggelar workshop agar peningkatan akreditasi ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi swasta lain yang ada di Lampung.(liz/sep)