12 Teleskop Itera Diserbu Warga

12 Teleskop Blood Blue Moon Itera Diserbu Warga

radartvnews.com- Fenomena gerhana bulan total yang baru saja terjadi, di manfaatkan ratusan masyarakat Bandar Lampung untuk menyaksikan secara langsung di Institut Teknologi Sumatra (Itera) ada 12 teleskop yang bisa di gunakan untuk pengamatan.

Sejak pukul 18:00 wib masyarakat memadati Itera, dilokasi ini mereka ingin menyaksikan fenomena langka yang terakhir terjadi 152 tahun lalu. Menggunakan 12 teloskop secara bergantian masyarakat mengamati muncul nya gerhana hingga terjadi nya gerhana persial.

kemunculan gerhana dari arah selatan pukul 19.19 wib, gerhana sempat tertup awan 19.40 wib dan kembali muncul pukul 19.45 wib.

Ferdian (17) mengaku mengaku senang bisa menyaksikan langsung momen gerhana bulan total. ”setelah menyaksikan langsung saya akan akan mempresentasikan pengamatanya di sekolah,” kata Ferdian.

Semantara Kepala Observatorium Itera mengatakan kota Lampung merupakan salah satu wilayahi yang beruntung karna malam ini langit sangat cerah di bandingkan Bandung dan Jakarta.

“di lampung cuaca cukup baik dan cerah dibandingkan dengan Bandung dan Jakarta, sehingga penampakan bulan lebih jelas,” kata Hakim.

Gerhana bulan total kali ini sangat istimewa karna jarak bulan dari bumi begitu dekat serta durasi menyaksikan gerhana dua jam, imbuh Hakim.(sah/san)