16 Kali Idul Fitri, Nahkoda Merayakan di Kapal

Dwi Irianto, 16 Kali Merayakan Idul Fitri di Kapal

radartvnews.com- Hari Raya Idul Fitri menjadi momen spesial bagi umat muslim di dunia. Di Indonesia setiap tahun umat muslim rela bepergian hingga ratusan kilometer, dengan berdesak – desakan atau antre hingga berjam agar dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudara.

Hal ini berbanding terbalik dengan Nahkoda Kapal  atau Kapten Kapal.  Dwi Irianto (53) misalnya seorang Nahkoda Kapal Portlink V yang kesehariannya menyeberangi selat sunda melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dan Merak Banten.

16 tahun terakhir ini dirinya belum pernah merasakan indahnya lebaran bersama keluarga. Sebagai seorang kapten kapal ia memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat.

“perasaan sedih adang sampai ingin menangis namun ini tugas dari perusahaan jadi tetap menjalankan tugas, sejak masuk ASDP sekitar 16 tahun belum pernah saya mudik lebaran,” ujar Dwi.

Dalam kapal dirinya dibantu di bantu sejumlah asisten yaitu Mualim sebagai juru nudi dan Anak Buah Kapal (ABK) ribuan pemudik dilayani menyebrangi selat sunda.

Untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang,  dilarang cuti saat hari raya. kendati harus berlebaran di atas kapal namun dirinya dan keluarga ikhlas menjalani.

Bekerja secara profesional dan mengabdikan diri kepada sesama menjadi alasan untuk terus menggeluti profesi sebagai Kapten Kapal. Imbuh Dwi.

Perjalanan kapal Merak – Bakauheni yang harus di tempuh antara dua hingga tiga jam, membuat waktu di atas laut menjadi tidak menentu. Bahkan saat kapal sedang bersandar dirinya dan seluruh ABK pun tidak bisa menyentuh daratan. Kondisi inilah yang membuat dirinya dan seluruh ABK melaksanakan sholat idul fitri di atas anjungan kapal.(mai/san)