18 Gunung Api Berstatus Waspada

Dilansir dari CNBC Indonesia, Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengungkapkan ada 18 gunung api di Indonesia yang statusnya masuk level II alias waspada. Terkait berita tersebut, tim liputan langsung meminta konfirmasi melalui saluran telepon kepada Andi Suardi, kepala pos pantau Gunung Anak Krakatau (GAK), Ia membenarkan, bahwa ada 18 gunung api di Indonesia yang berstatus waspada. Daftar tersebut bisa dilihat di Magma Indonesia.

Daftar 18 gunung tersebut yakni,

Anak krakatau, Lampung

Banda api, Maluku

Bromo, Jatim

Dukono, Maluku Utara

Gamalama, Maluku Utara

Gamkonora, Maluku Utara

Ibu, Maluku Utara

Ili Lewotolok, NTT                                                                   

Kerinci, Sumbar

Lakon, Sulut

Marapi, Sumbar

Rinjani, NTB

Rokatenda, NTT

Sangeangapi, NTB

Semeru, Jatim

Slamet, Jateng

Tangkuban Perahu, Jabar

Saat ditanya mengenai status Gunung Anak Krakatau, yang terletak di Lampung, Andi menjelaskan untuk saat ini gak berstatus waspada. Untuk aktifitas GAK masih fluktuatif dengan letusan letusan kecil sekitar gunung 3 hari lalu. Ketinggian GAK kini 157 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL), jika diukur setelah letusan besar terakhirnya pada 22 Desember 2018 lalu.

Dengan dikeluarkannya daftar 18 gunung yang berstatus waspada, Andi  mengimbau, kepada para pendaki untuk lebih memperhatikan kondisi gunung yang akan didaki,  selain itu, selalu mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh PVMBG. (Put/Ri)