Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Semarak HUT RI, Warga Sukabumi Gelar Lomba Ayam Ketawa

1
×

Semarak HUT RI, Warga Sukabumi Gelar Lomba Ayam Ketawa

Share this article
Semarak HUT RI, Warga Sukabumi Gelar Lomba Ayam Ketawa
Semarak HUT RI, Warga Sukabumi Gelar Lomba Ayam Ketawa

radartvnews.com – Euphoria peringatan HUT Ri ke tujuh puluh satu teryata belum usai, warga Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi mengelar lomba ayam ketawa tingkat Kota Bandar Lampung.

Ratusan ayam yang telah terlatih mengikuti tiga jenis perlombaan yang telah di tentukan, dimana lomba kali ini memperbutkan tiga kelas yakni kerajinan suara, slow dan kelas dangdut.

Ayam ketawa sendiri adalah varietas ayam yang berasal dari Sidenreng Rappang atau Sidrap sekitar 184 kilometer dari Makasar, Sulawesi Selatan. Ayam ini dinamai demikian karena bunyi kokoknya yang menyerupai bunyi ketawa manusia, ayam ketawa juga disebut sebagai ayam manugaga.

Ayam ini diberi nama ayam ketawa karena suara kokoknya menyerupai orang yang sedang tertawa, ayam ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan.

Pada jaman dahulu ayam ketawa ini dipelihara dan diternak oleh parabangsawan di Kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah dan sukses.

Secara fisik, unggas yang juga dikenal dengan sebutan ayam jantan dari timur ini hampir mirip dengan ayam kampun biasa, mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna warni bulunya menyerupai ayam kampung.

Perlombaan ayam ketawa sendiri rutin dilaksanakan sedangkan  untuk even nasional biasanya di laksanakan satu kali dalam satu tahun.(ndri/jef)