Monday, September 27, 2021

Harga Kebutuhan Pokok, Sayur Mayur dan Bumbu Dapur Naik Seratus Persen

TERBARU

radartvnews.com – Cuaca buruk yang kini masih sering melanda perairan laut jawa, angin kencang membuat gelombang laut mencapai 1 meter lebih. Akibatnya pasokan barang kebutuhan rumah tangga seperti bumbu dapur di Pasar Inpres Kota Kalianda, Pasar Tradisonal Pasuruan, dan Bakauheni, melonjak hingga 100%.

Kenaikan harga tertinggi terjadi pada bumbu dapur cabai dan kol, cabe kecil dari harga 35 ribu naik menjadi 70 ribu rupiah per Kg. Bawang merah naik Rp 10 ribu, dari biasanya 20 ribu menjadi Rp 30 ribu, cabe merah dari harga 35 ribu naik menjadi Rp 60 ribu. Hal serupa juga terjadi pada bawang putih naik Rp 5 ribu per Kg.

Akibat kenaikan harga tersebut berpengaruh terhadap harga sayur mayur yang juga melonjak, harga kol naik 100%, dari harga 7 ribu menjadi 15 ribu. Sedangkan harga sayur mayur lainnya melonjak sekitar 2 hingga Rp 3 ribu per Kg.

Kondisi ini membuat pembeli terpaksa mengeluarkan uang lebih dari yang direncanakan, namun mereka tetap saja membeli karena untuk mencukupi kebutuhan dapur, tak hanya itu konsumen juga tidak dapat memperoleh barang kualitas bagus.

Sementara para pedagang mengeluh karena omset mereka menurun, namun hal ini dianggap biasa karena selalu terjadi saat jelang hari besar, para pedagang dan pembeli berharap agar harga kembali normal seperti semula.(Bow/Ma’i)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

UKM Pers Sukma Jaga Iklim Pers Kreatif Di Masa Pandemi

BANDAR LAMPUNG : Kelesuan aktivitas di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat awak UKM Pers Sukma (Suara Kreativitas Mahasiswa) Politenik Negeri Lampung, untuk terus...

berita terkait lainnya