2017, Menristekdikti Pastikan Biaya Hidup Mahasiswa Bidik Misi 1 Juta Perbulan

2017, Menristekdikti Pastikan Biaya Hidup Mahasiswa Bidik Misi 1 Juta Perbulan
2017, Menristekdikti Pastikan Biaya Hidup Mahasiswa Bidik Misi 1 Juta Perbulan

radartvnews.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan menambah besaran biaya hidup bagi mahasiswa bidik misi. Jika selama ini biaya hidup bagi mahasiswa bidik misi sebesar 600 ribu rupiah maka mulai tahun mendatang akan dinaikkan menjadi 1 juta rupiah per bulan, hal ini disampaikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir usai menyerahkan beasiswa bidik misi mahasiswa baru di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Nasir menyebutkan bahwa dengan dengan biaya hidup sebesar 600 ribu rupiah perbulan kemungkinan tidak cukup, oleh sebab itu pihaknya akan mengusulkan untuk menaikkan biaya hidup mahasiswa bidikmisi ini menjadi 1 juta rupiah. Namun jika menggunakan tambahan anggaran dari pemerintah pusat tidak memungkinkan, karena itu pihaknya berkoordinasi dengan kementerian dalam negeri agar pemerintah daerah bisa ikut berkontribusi menambah biaya hidup mahasiswa penerima beasiswa bidik misi.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Lampung, Aom Karomani mengaku sangat menyambut baik terkait rencana menteri untuk menaikkan biaya hidup penerima beasiswa bidik misi, menurutnya peran serta pemerintah daerah memang sangat diperlukan dalam membantu pendidikan mahasiswa Lampung agar kedepan lebih banyak mahasiswa miskin yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Diketahui sebelumnya, saat ini mahasiswa penerima beasiswa bidik misi menerima biaya hidup sebesar 600 ribu rupiah perbulan dan biaya pendidikan sebesar 200 ribu per bulan dengan total beasiswa yang diterima dalam waktu satu tahun total 6 juta rupiah.(liz/ayu/jef)