Saturday, September 25, 2021

Perpustakaan Keliling Desa

TERBARU

radartvnews.com – Sugeng Haryono memiliki cara tersendiri dalam menggenjot minat baca masyarakat, cara sederhana yang dilakukan adalah membuat Perpustakaan Keliling Desa dengan sebuah motor unik dan klasik yang dinamakan Motor Pustaka.

Melalui motor pustaka ini Sugeng meminjamkan buku bacaaan gratis kepada masyarakat desa.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai penambal ban ini mulai berkeliling desa di Daerah Lampung Selatan dengan motor pustaka sejak pukul 4 hingga 6 sore.

Pada awalnya jumlah buku yang dimilikinya hanya 60 buah, tetapi saat ini tercatat sudah ada sekitar 3.600 buku bacaan mulai dari Cerita Rakyat, Novel, hingga Buku-Buku Biografi juga tersedia.

Dalam sekali berkeliling, dirinya bisa membawa 80-100 buku dengan jumlah pengunjung rata-rata 40 orang per hari.

Meski demikian, ada beberapa kendala yang dihadapi sugeng selama berkeliling membawa buku bacaan. Selain hujan, mahalnya biaya pengiriman barang juga menjadi salah satu kendala pasalnya, para pendonasi perpustakaan keliling miliknya tersebar dibeberapa Kabupaten, Kota, bahkan tak hanya Lampung tetapi juga luar Lampung dan Luar Negeri.

Sementara itu salah satu pendonasi buku, Doan mengatakan jika sebelumnya mengetahui perpustakaan keliling ini dari sosial media, Dirinya mengaku tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang dicetukan oleh sugeng.

Terlebih saat ini minat membaca buku masyarakat sudah mulai berkurang, apalagi dengan semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini.

Sugeng menambahkan kedepan dirinya berencana untuk membuka bioskop pustaka, dimana anak-anak nantinya mendapat tontonan yang Edukatif.(Ayu/Bow/Liz)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Bakso Sony Memang 1345678910 (Tak Ada 2-Nya)

MENGIKUTI perkembangan kasus dugaan pengingkaran penggunaan mesin perekam transaksi (tapping box) oleh managemen Bakso Son HajiSony, sebagai upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari...

berita terkait lainnya