Monday, September 27, 2021

Kemenristek Dikti Dorong Unila untuk Tambah Jumlah Doktor

TERBARU

radartvnews.com – Universitas Lampung siap bertransformasi dari teaching menjadi Research University. Menuju transformasi tersebut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong Unila untuk menambah jumlah doktor.

Hal ini disampaikan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof.Intan Ahmad, usai memberikan kuliah umum rekonstruksi kurikulum menuju Research University di lantai II Gedung Rektorat Universitas Lampung.

Prof.Intan Ahmad mengatakan upaya Unila menjadi Research University merupakan langkah yang berani. Pasalnya, transformasi tersebut harus diimbangi dengan peningkatan aktifitas riset, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM serta kesiapan mahasiswa.

Menurutnya, berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan, tinggi jumlah dosen di Indonesia saat ini mencapai 265.323 orang namun baru 10% dosen yang bergelar doktor, untuk menjadi Research University idealnya jumlah doktor yang harus dimiliki sebanyak 70% dari jumlah dosen yang ada dikampus tersebut.

Sementara itu, Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin mengaku pihaknya sangat optimis untuk bertransformasi menjadi Research University. Pasalnya, untuk mendukung langkah Unila menjadi World Class University adalah melalui peningkatan riset.

Dirinya menjelaskan jika saat ini Unila sudah memiliki 40% atau sekitar 400 dosen yang bergelar doktor yang dipersiapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui riset.

Untuk diketahui, saat ini terdapat 4.523 perguruan tinggi se Indonesia yang terdiri dari 3.135 universitas, 1.103 akademi, 262 politeknik dan 11 akademi komunitas. (Jef/Liz)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

Bakso Sony Memang 1345678910 (Tak Ada 2-Nya)

MENGIKUTI perkembangan kasus dugaan pengingkaran penggunaan mesin perekam transaksi (tapping box) oleh managemen Bakso Son HajiSony, sebagai upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari...

berita terkait lainnya