Scroll untuk membaca artikel
Lampung Selatan

Perahu Pustaka Bergerak Untuk Anak Pulau Lampung Selatan

4
×

Perahu Pustaka Bergerak Untuk Anak Pulau Lampung Selatan

Share this article
Perahu Pustaka Bergerak Untuk Anak Pulau Lampung Selatan
Perahu Pustaka Bergerak Untuk Anak Pulau Lampung Selatan

radartvnews.com – Dalam satu minggu, Perahu Pustaka ini, dua hingga tiga kali berlayar mengunjungi pulau-pulau terpencil, di Kabupaten Lampung Selatan, seperti di pulau Rimau, pulau Sebesi, dan pulau Gunung Anak Krakatau.

Perahu Pustaka yang terbentuk pada akhir 2016 itu, terinspirasi pada Motor dan Ontel Pustaka yang ada di Lampung Selatan, semacam perpustakaan berjalan yang mendatangi warga-warga di Daerah terpencil, karena di Lampung Selatan banyak pulau-pulau yang berpenghuni maka di dirikanlah Perahu Pustaka.

Perahu Pustaka ini membawa muatan spesial yang berbeda dengan perahu lainya, yakni membawa ratusan buku yang akan di pinjamkan gratis kepada anak-anak pulau.

Sampai di pulau, anak-anak yang melihat kedatangan Perahu Pustaka masih canggung untuk meminjam buku, padahal gratis. Namun, setelah tau, puluhan anak pulau ini sangat antusias membacanya.

Ratmiadi, penggerak Perahu Pustaka ini mengaku, saat ini dirinya masih kesulitan mendapatkan buku bacaan. Ia berharap bagi warga Lampung Selatan yang mempunyai buku bekas dapat di donasikan untuk Perahu Pustaka yang nantinya juga akan di pinjamkan kepada anak pulau.

Selama ini warga di Lampung Selatan, khususnya yang tinggal di pulau mengaku sulit mengakses buku, karena itulah Perahu Pustaka  muncul, ia berlayar membawa ratusan buku. Perahu Pustaka ini juga mendapat apresiasi oleh sejumlah kalangan.

Buku yang di bawa Perahu Pustaka, kebanyakan buku bacaan ringan mulai buku anak-anak, Majalah sampai Novel yang mudah di cerna anak kecil. Sasaran pembaca memang generasi muda, sehingga  tidak terlalu berat untuk di baca.(Jef/Ma’i)