Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Disdikbud Lampung Belum Tentukan Waktu Pembuatan Soal USBN

1
×

Disdikbud Lampung Belum Tentukan Waktu Pembuatan Soal USBN

Share this article
Disdikbud Lampung Belum Tentukan Waktu Pembuatan Soal USBN
Disdikbud Lampung Belum Tentukan Waktu Pembuatan Soal USBN

radartvnews.com –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung baru menyelesaikan pembentukan Tim Pembuat Soal Ujian Sekolah berbasis Komputer.  Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung,  Sulpakar.

Sulpakar mengatakan bahwa Tim Pembuatan Soal USBN telah diajukan dan saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Pembuat Soal melibatkan MGMP dan KKG dimana personilnya merupakan Guru-guru mata pelajaran di Kabupaten, Kota. Meski demikian, jadwal Pembuatan Soal Ujian Sekolah berbasis Nasional masih belum ditentukan.

Jadwal Pembuatan Soal Ujian Sekolah berbasis Nasional ini tidak akan sama tiap Daerah, Tergantung dari jadwal Pembinaan yang dilakukan oleh Pusat. Menurutnya,  untuk dibeberapa Daerah sudah mulai dilakukan Pembinaan, sedangkan Provinsi Lampung hingga kini maish menunggu, Untuk soal-soal USBN komposisi soalnya 20-25 Persen kisi-kisi dari Pusat, sementara 75 Persen sisanya dari Daerah.

Diketahui,  mulai tahun 2017 sejumlah Siswa akan mengerjakan Ujian dalam dua tahap diantaranya Ujian Nasional dan Ujian Sekolah berbasis Nasional. Untuk soal-soal USBN, mata pelajaran yang akan diujikan berbeda tiap jenjang.

Jenjang SMP meliputi Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS, jenjang SMA meliputi pendidikan Agama, PPKN, Sejarah Umu,  dan tiga mata pelajaran lain sesuai dengan Program Studi Siswa jenjang SMK Meliputi Pendidikan Agama, PPKN dan Keterampilan Komputer.(Bow/Liz)