Monday, September 20, 2021

Zainudin Resmikan Jaringan Irigasi Air Tanah

TERBARU

radartvnews.com – Begitu pentingnya irigasi dalam pertanian sehingga kebijaksanaan pemerintah dalam pembangunan pengairan harus diikuti dengan perluasan jaringan irigasi melalui peningkatan penyediaan air tanah untuk memelihara tetap berfungsinya sumber air dan jaringan irigasi bagi pertanian.

Dalam usaha meningkatkan pembangunan di sektor pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan, inilah salah satu upaya pemerintah menempatkan pembangunan di sektor irigasi.

Para petani di Desa Rejomulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan kini berbangga hati karena pemerintah sudah memberikan sesuatu hal yang selama ini menjadi kendala yang di alami para petani, yakni membangun jaringan irigasi tanah di areal lahan mereka. Dibangunnya jaringan irigasi air tanah untuk memenuhi kebutuhan perairan lahan para petani, dimana air  yang selama ini menjadi keluhan para petani didesa tersebut.

Jaringan irigasi tanah ini berasal dari bantuan pusat Lampung Selatan sendiri mendapat 12 titik sumur bor yang akan dijadikan irigasi buatan, mengingat Lampung Selatan merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung yang menjadi lumbung padi nasional.

Untuk itu, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, berharap dengan adanya bantuan pembangunan sumur bor yang dijadikan irigasi buatan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini mampu mendorong para petani untuk meningkatkan hasil produksinya.

Biasanya petani di Desa Rejomulyo hanya mampu panen sebanyak satu kali selama setahun karena merupakan persawahan sistem tadah hujan, kini mampu panen sebanyak tiga kali dalam setahun, dimana satu sumur bor ini mampu mengairi sawah seluas 20 hektar dengan debit air 20 liter per detik.(Jef/Mai)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULAR

2.440 Burung Ilegal Gagal Diselundupkan

Radartvnews.com- Upaya penyelundupan ribuan ekor burung berbagai jenis digagalkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu - Lampung bersama Tim Flight Protecting...

berita terkait lainnya