Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Ribuan Siswa SMK Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian

2
×

Ribuan Siswa SMK Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian

Share this article
Ribuan Siswa SMK Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian
Ribuan Siswa SMK Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian

radartvnews.com – Sedikitnya 1.268 siswa dari 8 SMK yang berada dalam Sub Rayon 01.029 menggelar Ujian Kompetensi Keahlian bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Peserta ujian menjalani 26 paket keahlian yang berbeda yang ada pada masing-masing sekolah.

Pelaksana harian Kepala SMK Negeri 5 Bandar Lampung, Irman mengatakan bahwa Ujian Kompetensi Keahlian merupakan salah satu penentu kelulusan siswa. Menurutnya, Ujian Kompetensi Keahlian sangat penting karena menjadi salah satu syarat lulusan SMK dalam mendaftar kerja. Bagi siswa yang tidak lulus dalam ujian kompetensi, maka siswa wajib mengulang.

Irman menyebut Ujian Kompetensi Keahlian akan dilaksanakan selama enam hari kedepan dengan tiga paket soal. Para siswa ini nantinya akan diuji langsung oleh Tim Asessor yang berasal dari beberapa perusahaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan Ujian Kompetensi Keahlian ini diharapkan diikuti oleh siswa dengan sungguh-sungguh, sehingga lulusan SMK ini dapat menjadi tenaga kerja yang mandiri, dapat membuka dan menciptakan lapangan kerja dan mampu berkontribusi di masyarakat.

Kedelapan sekolah SMK diantaranya SMK Negeri 5 Bandar Lampung, SMK 7 dan SMK 8 Bandar Lampung, SMK SMTI Tanjung Karang, SMK Gajah Mada, SMK BLK Bandar Lampung, SMK Taman Karya, SMK Dharmapala, SMK PGRI 1 dan SMK Yapisda.(Jef/Liz)