Monday, September 20, 2021

Musrenbang Pertanian

TERBARU

radartvnews.com – Pertumbuhan ekonomi Lampung berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional, pada tahun 2016 sebesar 5,15 persen, dan Lampung Tertinggi Se-Sumatera periode 2014- 2016. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadist. Musrenbang ini merupakan langkah awal dari perencanaan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Lampung tahun 2018. “Dalam kegiatan ini akan dirumuskan hal-hal yang menyangkut langkah dan upaya dalam mewujudkan Lampung sebagai salah satu lumbung pangan dan bumi agribisnis,” ujar Hamartoni.

Dijelaskannya juga bahwa Keberhasilan Pembangunan Tanaman Pangan dan Hortikultura akan berdampak langsung terhadap perekonomian sebagian besar Masyarakat Lampung. Bila dilihat dari indikator tingkat pendapatan melalui Nilai Tukar Petani (NTP), Pembangunan Sektor Pertanian Provinsi Lampung Bulan Febuari 2017, menunjukkan kinerja yang cukup baik, yaitu sebesar 104,19 persen tertinggi di Sumatera dan diatas NTP Nasional, yaitu 100,3.

Asisten Bidang Administrasi Umum mengatakan bahwa Provinsi Lampung terus berupaya untuk  mendorong peningkatan produksi, mutu dan daya saing produk pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Dalam RPJM Tahun 2005-2025 telah diamanatkan bahwa kita harus mewujudkan kemandirian produksi pangan.

Sebagaimana diketahui bersama sumbangan sektor pertanian terhadap PDRB Lampung Tahu 2016 berdasarkan BPS Lampung adalah sebesar 31,45%. Selain itu sektor pertanian masih merupakan lapangan pekerjaan utama bagi sebagian besar penduduk Lampung, yaitu 48,8 persen dari total penduduk Provinsi Lampung sebesar 8.177.191 Jiwa. Dengan demikian membangun dan mengembangkan pertanian tanaman pangan dan holtikultura merupakan prioritas bagi Provinsi Lampung. (Rls)

berita menarik lainnya

BERITA POPULAR

2.440 Burung Ilegal Gagal Diselundupkan

Radartvnews.com- Upaya penyelundupan ribuan ekor burung berbagai jenis digagalkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu - Lampung bersama Tim Flight Protecting...

berita terkait lainnya