Monday, September 20, 2021

Pemerintah Provinsi Lampung Memberikan Lahan Kepada UIN RIL Minimal 50 ha di Daerah Kota Baru

TERBARU

radartvnews.com – Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh.Mukri mengapresiasi dukungan dan peran besar Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam pengembangan IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung. Demikian disampaikan dalam acara sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana, program pascasarjana (S.2 dan S.3) Universitas Negeri Islam (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Periode I tahun 2017
Dalam kesempatan ini,  Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh. Mukri menjelaskan UIN Raden Intan Lampung telah resmi digunakan sejak tanggal 3 April 2017 berdasarkan Perpres no 38 tahun 2017 tentang perubahan IAIN  menjadi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL). Dalam perubahan tersebut, menurutnya Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan support dan penghargaan yang luar biasa. Salah satunya pemberian dukungan besar dari Pemerintah Provinsi Lampung terhadap UIN Raden Intan Lampung telah tampak dalam pelaksanaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) yang merupakan tersukses di Provinsi Lampung, bahkan di Indonesia pada Tahun 2016 lalu.
“Selain itu, dalam mendukung pembangunan UIN RIL, kedepan Pemerintah Provinsi Lampung akan memberikan dukungan berupa lahan minimal 50 ha dan maksimal 100 ha. Pemerintah Provinsi Lampung juga turut membari bantuan 1 Milyar guna pembangunan masjid,” kata Mukri.
Mukri menambahkan transformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN tersebut ada beberapa strategi yang perlu dilakukan diantaranya pengembangan fisik dan pengembangan akademik. Dalam pembangunan Fisik UIN mendapat bantuan dari Islamic Development Bank (IsDB) dengan dana 650 M guna membangun 3 (tiga)  fakultas baru dan 11 (sebelas)  Prodi. “Perubahan ini tidak serta merta membuka sebanyak mungkin fakultas. Tetapi ada komitmen bahwa fakultas umum tidak akan lebih dari 40% dari yang ada. Hal ini terkait adanya perkembangan dan perubahan zaman maka berubah menjadi UIN. Diharapkan para wisudawan agar mampu mencerminkan sarjana muslim,  intelektual bangsa yang berakhlak mulia guna kesejahteraan ummat manusia,” ujar Mukri.
Dalam kesempatan ini,  Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Islam RI Nur Syam menyampaikan selamat atas berubahnya status IAIN menjadi UIN,  karena UIN merupakan puncak dari status kelembagaan dibawah Kementerian Agama. Selain itu,  UIN Raden Intan Lampung telah melakukan peningkatan pengembangan sarana dan prasarana guna mendukung peningkatan UIN RIL. “Saya yakin bahwa 5 (lima) tahun kedepan UIN akan memiliki kemajuan yang nyata, dengan adanya bantuan 650 M. Hal ini juga tak lepas dari dukungan Gubernur Lampung dalam pembangunan UIN RIL,” kata Nur.
Lanjut Nur, Ia berharap seluruh pihak dapat bersama-sama berpartisipasi dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Lampung. “Ayo kita dukung bersama-sama mendukung program Pemerintah Provinsi Lampung agar lebih optimal,” ujarnya.
Dalam sambutannya, Ridho menyampaikan akan berupaya memberikan dukungan kepada UIN RIL dalam rangka menciptakan generasi intelektual yang berakhlak mulia. Selain itu, diharapkan dukungan semua pihak dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia Lampung yang mampu bersaing dan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.
“Pemerintah Provinsi Lampung memberikan lahan kepada UIN RIL minimal 50 ha di daerah Kota Baru. Diharapkan seluruh pihak juga dapat mendorong pembangunan Sumber Daya Manusia. Sehingga anak-anak Lampung menjadi tuan rumah di daerahnya,” ujarnya.
Ridho juga berharap para wisudawan mampu menjadi kebanggaan keluarga besar dan kampus, menjadi tongkat estafet dalam meningkatkan pembangunan Lampung serta menjadi gerbang awal guna menjawab tantangan di tengah kehidupan masyarakat. “Selamat pada para wisudawan UIN RIL. Saya tidak khawatir dengan lulusan yang tidak cumlaude. Karena banyak lulusan yang aktif sebagai aktivis yang berguna dalam menyiapkan diri bersaing ditengah masyarakat.” paparnya.
Pada acara wisuda tahun 2017, UIN Raden Intan Lampung meluluskan 642 wisudawan diantaranya 6 wisudawan program Pascamagister Strata Tiga (S.3),112 wisudawan Program Pascasarjana Strata Dua (S.2) dan 524 wisudawan program sarjana strata satu (S.1). Selain itu,  setelah pelaksanaan wisudawan,  Gubernur Lampung beserta rombongan melakukan kunjungan ke Masjid Safinatul Ulum di UIN Raden Intan Lampung. (Rls)

berita menarik lainnya

BERITA POPULAR

berita terkait lainnya