Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Pasar Pertaniana Dan Perkebunan Lampung Dipastikan Mendunia

0
×

Pasar Pertaniana Dan Perkebunan Lampung Dipastikan Mendunia

Share this article
Pasar Pertaniana Dan Perkebunan Lampung Dipastikan Mendunia
Pasar Pertaniana Dan Perkebunan Lampung Dipastikan Mendunia

radartvnews.com- Pasar pertanian dan perkebunan Provinsi Lampung dipastikan makin mendunia. Hal ini terkait kunjungan Dubes RI untuk Ekuador ke Provinsi Lampung guna membicarakan rencana kerjasama Sister Province atau Kota Kembar antara Provinsi Lampung dan Los Rios, Ekuador. Dalam pertemuan Duta Besar Indonesia untuk Ekuador yang bertempat di Kota Quito Diennaryati Tjokrosuprihatono dengan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo di Ruang Kerja Gubernur Lampung, disampaikan bahwa Provinsi Los Rios, Ekuador memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian dan perkebunan yang dapat dimanfaatkan Lampung seperti pisang dan kelapa sawit.

Ekuador juga luar biasa karena banyak kota kecil yang menjadi percontohan bagi dunia. Menurutnya ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan Lampung untuk mendapatkan knowledge dan capacity building dalam mengembangkan berbagai sektor perkebunan dari Ekuador.

“Provinsi Los Rios adalah provinsi yang kaya akan hasil pertanian dan perkebunannya dan ini dapat dimanfaatkan oleh Lampung untuk lebih mengembangkan pasar pertanian Lampung dan sumber daya alam lainnya”, ujar Dienna.

Lebih lanjut Dubes RI untuk Ekuador juga memastikan investor asal Ekuador akan langsung melakukan peninjauan terkait sektor pertanian dan perkebunan Lampung pada akhir tahun ini. Disela-sela diskusinya Dubes RI untuk Ekuador turut memuji sosok Gubernur Lampung yang masih muda, menurutnya anak muda biasanya kreatif sehingga diharapkan mampu mengembangkan Provinsi Lampung seperti negara-negara maju di dunia.

Menanggapi hal ini, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo sangat menyambut baik peluang kerjasama ini. Apalagi menurutnya potensi pertanian dan perkebunan di Provinsi Lampung memang sangat baik bahkan beberapa sudah diexport ke luar negeri.

Saat ini dibidang pertanian, pihaknya juga sedang mengembangkan sistem pupuk online dan juga kedepan akan mengembangkan sistem pembibitan secara komputerisas. Lebih dari itu, Gubernur juga berharap kerjasama ini juga menghidupkan kembali potensi-potensi asal Lampung lainnya seperti Udang sehingga makin banyak sumber daya alam Lampung yang makin mendunia.

“Yang paling penting dari setiap kerjasama antara Provinsi Lampung dengan pihak manapun akan mengahasilkan keuntungan dan manfaat bagi Provinsi Lampung terutama untuk memajukan dan menyejahterakan Provinsi Lampung”, tegas Gubernur. Ia juga berharap selain melakukan kerjasama, Lampung juga bisa belajar lebih banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh negara lain sehingga mampu diterapkan di Provinsi Lampung.

“Sehingga permasalahan yang ada baik disektor perkebunan, pertanian dan sektor lainnya di Provinsi Lampung dapat segera diatasi dengan belajar langsung dari Ekuador atau negara lainnya, dan ini perlu disupport oleh KBRI”, kata Ridho. Sister city atau Kota Kembar merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan kerjasama budaya, perdagangan, dan kontak sosial. (Rls)