Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Itera Krisis Dosen, ITB Turun Tangan

2
×

Itera Krisis Dosen, ITB Turun Tangan

Share this article
Itera Krisis Dosen, ITB Turun Tangan
Itera Krisis Dosen, ITB Turun Tangan

radartvnews.com – Sebanyak 1.598 mahasiswa dari 14 program studi Institut Teknologi Sumatera, menjalani sidang senat penerimaan mahasiswa baru angkatan 2017 di areal kampus setempat.

Dalam kesempatan tersebut Rektor Itera, Ofyar Z Tamin mengatakan bahwa seluruh mahasiswa tersebut tersebar di 16 Provinsi. Diantaranya 955 mahasiswa asal Lampung, 189 asal Sumatera Utara, 103 asal Sumatera Selatan, 101 asal Jawa Barat, 72 asal DKI Jakarta, 65 asal Banten, 58 asal Sumatera Barat dan sisanya asal Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung dan Aceh.

Dalam 3 tahun terakhir, jumlah mahasiswa Itera mencapai 3411 orang dan ditargetkan tahun depan ada penambahan sekitar 2.500 mahasiswa untuk 25 program studi. Sehingga ditahun 2059 mendatang Itera memiliki 253 program studi.

Diakuinya, banyaknya jumlah mahasiswa ini nyatanya tidak diimbangi dengan jumlah tenaga pengajar. Bahkan, Ofyar menyebut selama 5 tahun kedepan Itera mengalami krisis dosen.

Pasalnya, Itera hanya memiliki sekitar 147 orang dosen sedangkan sisanya disupport penuh oleh Institut Teknologi Bandung. Namun, pihaknya tidak khawatir karena ada 74 dosen terbang dari itb yang membantu mencukupi jumlah tenaga pengajar.

Ditambah lagi, bantuan dosen dari Unila dan Uin Radin Intan Lampung. Kedepan pihaknya juga berencana akan merekrut 6 dosen untuk memenuhi jumlah dosen yang ada. (liz/rie)