Scroll untuk membaca artikel
Pemprov LampungPeristiwa

Gubernur Ridho akan Resmikan Jembatan Way Sekampung 2

0
×

Gubernur Ridho akan Resmikan Jembatan Way Sekampung 2

Share this article

Radartvnews.com – Gubernur Muhammad Ridho Ficardo akan meresmikan Jembatan Way Sekampung 2 dalam waktu dekat ini. Jembatan ini menghubungkan Kalirejo, Lampung Tengah, dan Pringsewu yang berada di Desa Podomoro Kecamatan Pringsewu Utara kabupaten Pringsewu. 
Sebelumnya jembatan tersebut hanya satu lajur, yang tak mampu lagi menampung arus lalu lintas. Sehingga, Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membuat duplikasinya (dua jalur) agar arus kendaraan lancar. 
“Satu jalur tidak layak lagi dilalui dan tidak mampu menampung arus lalu lintas yang mencapai 7.338 kendaraan lalu lintas harian rata-rata (LHR). Akibatnya timbul kemacetan parah pada jam-jam sibuk,” ujar 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Budhi Darmawan di Lingkungan Pemprov Lampung, Rabu (6/12) kemarin. Dengan kondisi dua jalur, Budhi berharap lalu linats akan lancar.

Saat ini keseluruhan kondisi jembatan telah mencapai 90%. “Insya allah sebelum memasuki natal dan tahun baru jembatan akan rampung 100 persen sehingga jembatan tersebut bisa resmi dibuka oleh Gubernur,” tambah Budhi. Jembatan Way Sekampung 2, lanjut Budhi, telah ada sejak tahun 1983. Jembatan tersebut menggunakan type C lebar 0,5 + 3,5 + 0,5. Namun seiring pertumbuhan lalu lintas yang tinggi dan pertimbangan umur jembatan yang sudah lama sehingga perlu dibangun jembatan duplikasi sebagai langkah untuk keamanan kapasitas jembatan dan untuk pembagian beban pada jembatan. 

Budhi juga menegaskan pembangunan jembatan way sekampung tahap 2 ini menggunakan tipe rangka baja Australia (RBA) kelas B dengan lebar 0,5 + 6 + 0,5 dan panjang 50 meter dengan tujuan agar jembatan mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dan sebagai  roda penggerak pertumbuhan perekonomian. Jembatan baru yang dibangun ini memiliki panjang 50 meter atau lebih lebar dari jembatan yang sekarang.

 

“Jadi, nanti ada dua jembatan, sehingga kendaraan yang dari Kalirejo ke Pringsewu dan sebaliknya memakai dua jembatan di kiri dan kanan,” kata Budhi. Pembangunan jembatan Way Sekampung ini dianggarkan sebesar 7 Milliar dan telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. (Rls/Jf)